Share

5 Tips agar Maag Tak Kambuh saat Puasa, Dijamin Lambung Anteng Sampai Magrib!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Tips atasi maag selama puasa Ramadan (Foto: Freepik)

MAAG menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami orang saat puasa di bulan Ramadan. Karenanya, penting untuk mengetahui tips agar maag tak mengganggu di Ramadan 2022 ini. 

Sebenarnya penderita penyakit maag tidak punya alasan untuk meninggalkan puasa Ramadan. Berdasarkan penelitian, puasa tidak menimbulkan dampak buruk bagi penderita penyakit maag, bahkan sangat bermanfaat untuk mencegah maag dan mengurangi peradangan pada lambung.

Agar maag tak kambuh dan tetap nyaman sepanjang berpuasa, berikut lima tipsnya yang dikutip dari AZislam, Kamis (31/3/2022).

1. Jangan lewatkan sahur

Puasa Ramadan

Makan sahur sangat penting sebelum melakukan puasa karena dapat menjaga asupan energi yang dibutuhkan di siang hari, terutama bagi penderita maag. Makanlah menu yang bergizi, memiliki cukup karbohidrat, protein dan serat. Hindari makanan yang terlalu manis karena dapat membuat tubuh cepat merasa lemas dan lapar. Bisa juga berbahaya bagi penderita maag karena makanan manis akan cepat dikosongkan di perut, termasuk makanan instan.

Selain itu, hindari juga makanan pedas, asam dan berminyak serta buah-buahan yang asam seperti lemon, jeruk, dan anggur. Pasalnya, makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Anda bisa minum susu hangat saat sahur karena susu dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut, kecuali bagi para penderita intoleransi laktosa.

BACA JUGA : Tips Menurunkan Berat Badan Sambil Puasa Ramadan, Coba Yuk!

2. Hindari tidur setelah subuh

Sebagian besar umat Islam biasanya akan tidur kembali setelah makan sahur. Sebenarnya hal ini bisa berbahaya bagi penderita maag karena tidur setelah makan dapat memicu produksi asam lambung dan membuat perut terasa tidak nyaman. Sebaiknya, makan di penghujung waktu sahur dan menunggu pagi datang dengan sholat subuh, sholat sunnah, membaca Alquran dan berdzikir.

BACA JUGA : 5 Tips agar Olahraga Gak Bikin Lemas saat Puasa Ramadan

3. Makan secukupnya saat berbuka puasa

Penderita maag disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan secukupnya. Jangan jadikan momen buka puasa sebagai momen balas dendam karena makan berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebih. Buka puasalah dengan makan sedikit takjil seperti kurma atau sedikit teh manis, kemudian makan dalam porsi yang cukup setelah sholat Maghrib.

Agar sistem pencernaan bekerja secara maksimal, lebih baik berhenti makan tiga atau empat jam sebelum tidur. Hal ini dapat mengurangi beban saluran cerna dan memberikan kesempatan pada tubuh untuk memperbaiki kerusakan lambung selama Anda tidur.

4. Perbanyak konsumsi air putih

Puasa Ramadan

Tubuh banyak kehilangan cairan saat berpuasa. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal 8 gelas setelah buka puasa dan saat sahur. Selain tubuh terhidrasi, air juga bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi risiko kambuhnya penyakit maag. Hindari minuman asam dan mengandung kafein seperti jus buah, sirup, soda atau minuman lain yang bisa memicu rasa sakit di perut.

5. Hindari konsumsi kafein

Kafein biasanya terkandung dalam kopi dan dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak cairan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi saat berpuasa. Sebaiknya, hindari konsumsi kafein saat sahur ataupun malam hari setelah berbuka puasa karena kopi juga bersifat asam, sehingga dapat memicu iritasi pada perut Anda.

1
2