Share

Kenali Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Formula

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 12:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Alergi Susu Formula. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa ciri bayi alergi susu formula yang perlu diketahui para orangtua. Umumnya susu formula diberikan kepada bayi yang tidak bisa minum air susu ibu (ASI) lantaran berbagai alasan tertentu.

Namun, perlu orang tua ketahui, tidak semua produk susu formula yang tersedia di pasaran cocok untuk setiap anak. Beberapa produk bahkan bisa menimbulkan ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula. Biasanya, hal ini terjadi lantaran sang bayi alergi terhadap susu formula atau memiliki intoleransi laktosa.

Alergi susu formula sendiri termasuk respons imun bayi yang berlebihan terhadap salah satu protein dalam susu formula, sedangkan intoleransi laktosa adalah reaksi yang diakibatkan ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa, yaitu gula alami dalam susu.

Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Formula

Masalah intoleran antara keduanya mempengaruhi pencernaan dan efek yang ditimbulkan keduanya bisa sangat mirip, sehingga terkadang membingungkan sang ibu. Lantas, bagaimana ciri bayi yang mengalami alergi susu formula? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Diare

Diare adalah salah satu ciri bayi mengalami alergi susu formula. Reaksi ini terjadi sangat cepat, bahkan setelah bayi minum susu tersebut.

Hal tersebut dikarenakan saluran pencernaan bayi yang tidak dapat menerima bahan gula alami atau senyawa yang dihasilkan oleh susu. Kondisi ini bisa menyebabkan bayi lemah karena kekurangan air.

Perut Kembung

Ketika terkena alergi susu formula, biasanya perut bayi juga akan kembung. Bayi yang tidak dapat menerima zat di dalam susu akan menyebabkan kondisi pencernaan yang tidak nyaman, sehingga membuat perut kembung dan memicu bayi mual atau muntah.

Muntah

Muntah yang terjadi sesaat setelah anak mengkonsumsi susu sapi juga perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa menjadi tanda lain dari kondisi alergi susu formula.

Ciri-ciri di atas bisa muncul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah minum susu formula. Maka segeralah memeriksakan bayi pada dokter bila mengalami ciri tersebut.

1
2