Share

Kisruh IDI Pecat dr Terawan, Menkes Singgung Tabiat Bangsa: Kita Mudah Diadu Domba

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi Gunadi (Foto : YouTube/Sekretariat Presiden)

PEMECATAN mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, dr Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjadi perbincangan hangat. Menkes RI, Budi Gunadi turut menanggapi permasalahan tersebut.

"Kami mengamati dinamika seputar perdebatan atau pertentangan antara IDI dengan Dokter Terawan. Kami memahami bahwa masing-masing organisasi profesi memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing-masing, serta memiliki anggota masing-masing yang mereka perlu diatur," kata Menkes Budi mengawali pernyataannya di konferensi pers virtual, Senin (28/3/2022).

dr terawan

"Dan saya juga memahami bahwa UU Praktik Kedokteran Nomor 29 Tahun 2004 telah memberikan amanah yang besar pada IDI sebagai salah satu organisasi profesi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap anggotanya," lanjut Menkes.

Terkait telah terjadinya perdebatan, Menkes sedikit menyinggung soal tabiat bangsa Indonesia yang mudah sekali diadu-domba. Itu kenapa durasi penjajah menguasai negeri ini teramat lama, yaitu 450 tahun.

"Kita mudah diadu domba, mudah disulut, mudah emosi, sehingga kita lupa bahwa kita hidup bersama-sama sebagai saudara. Dan kalau kita bekerja sama merajut modal sosial yang kita miliki sebagai bangsa, akan luar biasa hasilnya," kata menkes.

BACA JUGA : Gaduh Pemecatan dr Terawan, Menkes Segera Mediasi IDI dan Anggotanya

Contoh nyata dari gotong royongnya Indonesia ada di upaya kita bersama mengentaskan pandemi Covid-19. "Sampai akhirnya Indonesia menjadi salah satu negara yang paling berhasil menangani pandemi di dunia. Ini bisa terjadi kalau kita mau bekerja sama," lanjutnya.

BACA JUGA : Menkes Akhirnya Tanggapi Kisruh IDI Pecat dr Terawan, Begini Katanya

Menkes Budi menegaskan sekali lagi bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk kita semua sebagai bangsa suatu negara untuk memfokuskan energi, waktu, dan perhatian kita untuk membangun sistem kesehatan Indonesia yang lebih baik demi generasi penerus nantinya.

"Semangat kerja sama dan membuka ruang diskusi perlu terus dipertahankan untuk mencapai tujuan Indonesia masa depan yang jauh lebih sehat dibandingkan Indonesia saat ini. Mari kita bekerja membangun Indonesia yang lebih sehat," tambah Menkes Budi Gunadi Sadikin.

(hel)