Share

5 Tips Sehat Berpuasa Meski WFO Menurut Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 15:40 WIB
$detail['images_title']
Puasa saat WFO (Foto: Pxhere)

PADA bulan Ramadhan, aktivitas sehari-hari yang dikerjakan tidak boleh menjadi halangan untuk tetap berpuasa. Di sisi lain, Anda tentu akan merasa lebih mudah lelah dan mengantuk.

Untuk Anda yang berpuasa namun tetap harus kerja di kantor atau work from office (WFO), kesibukan di kantor tentu akan menguras energi dan tenaga. Tapi, sekali lagi, itu jangan jadi alasan Anda tidak berpuasa, ya.

Agar Anda bisa tetap sehat dan bugar menjalani puasa Ramadhan selagi bekerja di kantor atau work from office (WFO), Dokter Yudhan Triyana punya 5 tips yang bisa Anda jalankan. Mudah sekali dan tentunya diperlukan kedisiplinan untuk menjalaninya, ya.

So, apa saja 5 tips sehat berpuasa meski WFO?

 makan serat

1. Makan serat yang cukup saat sahur

Dokter Yudhan menyarankan untuk Anda tidak boleh malas mengonsumsi serat yang cukup saat sahur. Ini tentunya memastikan perut terasa kenyang lebih lama dan tubuh terjaga kebugarannya sepanjang hari saat berpuasa.

2. Konsumsi makanan tinggi protein saat sahur dan buka puasa

Konsumsi makanan tinggi protein saat sahur dan buka puasa juga jadi hal penting yang harus diperhatikan. Protein memastikan tubuh Anda tetap fit meski berpuasa.

"Ingat, jangan makan berlebihan juga, ya, saat buka puasa. Semuanya harus secukupnya saja," saran dr Yudhan melalui pesan singkat ke MNC Portal, Senin (28/3/2022).

3. Hindari makanan dan minuman mengandung kafein

Agar puasanya lancar, terbebas dari kendala kesehatan atau rasa haus yang cepat muncul, dr Yudhan menyarankan agar hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

"Jadi, saat sahur usahakan untuk hindari konsumsi kafein seperti teh dan kopi, ya," ungkapnya.

4. Pastikan asupan air putih yang cukup

Penting untuk semua orang yang berpuasa untuk konsumsi air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Asupan air putih yang cukup memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan ini juga salah satu kunci badan tetap sehat selama berpuasa.

 BACA JUGA:Kenapa Buka Puasa Disarankan Makan yang Manis-Manis?

5. Usahakan tetap berolahraga

Meski bulan Ramadhan, Anda tetap disarankan untuk berolahraga. Dokter Yudhan merekomendasikan untuk tetap berolahraga ringan saat bekerja misal dengan gerakan peregangan.

"Hal yang tidak kalah penting adalah tetap patuhi protokol kesehatan, karena sampai saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19," tambahnya.

(DRM)