Share

Hindari 3 Asupan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa, Bikin Asam Lambung Naik!

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Hindari makanan tertentu saat sahur dan berbuka

BULAN Ramadan tinggal menghitung hari. Umat Muslim akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Ketika puasa Ramadan, orang tidak makan dan minum selama hampir 12-13 jam dalam sehari. Biasanya, masalah yang dihadapi tidak jauh dari lambung.

Termasuk salah memilih asupan makanan ketika sahur dan berbuka puasa. Makanan-makanan tertentu dapat menyebabkan asam lambung naik, sehingga menganggu kenyamanan saat menjalankan puasa. Selain itu, ada juga asupan tembakau yang juga patut dihindari. Berikut ulasan lengkapnya yang dikutip dari Netdoctor.

Alpukat

Alpukat

Jika ingin berbuka puasa dengan jus alpukat, sementara Anda memiliki kemungkinan asam lambung naik, sebaiknya Anda mengurungkan niat ini. Pasalnya, alpukat dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan kenaikan asam lambung.

BACA JUGA : 13 Bahaya Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Jangan Anggap Remeh!

Kafein

Pada umumnya, kopi biasanya memiliki efek samping terjadinya sakit maag. Tak hanya kopi, tetapi minuman yang mengandung kafein dan soda, bisa memberi andil kenaikan asam lambung.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa, Punya Sakit Maag Wajib Baca!

Tembakau

Berbuka puasa sambil minum kopi dan menghisap rokok? Sebaiknya Anda tak melakukannya. Pasalnya, tembakau dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jadi, tak perlu heran Anda mengalami sakit maag,

(hel)