Share

Kemenkes Siapkan Fitur Baru PeduliLindungi untuk Menghadapi Endemi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 16:34 WIB
$detail['images_title']
Fitur PeduliLindungi masih dipakai hingga sekarang (Foto: Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) tengah merencanakan menghadirkan fitur baru 'Citizen Health'. Fitur bertujuan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Fitur terbaru tersebut, masih menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sebagaimana kita tahu, PeduliLindungi diciptakan untuk menghadapi virus Covid-19, jika kondisinya bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19 (endemi) maka diganti fitur yang lebih baik.

 pedulilindungi

"PL (PeduliLindungi) menjadi aplikasi yang nanti kedepan berfungsi sebagai citizen health," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid kepada MNC Portal, Jumat (25/3/2022).

Lebih lanjut, dr Nadia mengatakan, jika aplikasi PeduliLindungi tidak akan diganti dengan aplikasi baru. Hanya saja fitur-fiturnya diperbarui berdasarkan situasinya, sehingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi bisa jadi Citizen Health.

"Ini platform aplikasi ke depan akan terus digunakan dan dapat berkembang menjadi seperti citizen health," jelasnya.

Sebelumnya, informasi adanya aplikasi Citizen Health dipaparkan oleh Setiaji, Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (DTO Kemenkes), di acara Health Innovation Sprint Accelerator 2022 Demo Day pada Kamis (24/3).

Dokter Nadia meluruskan bahwa dalam paparan kala itu, dimaksudkan sebagai adanya fitur baru. Rencananya akan dikembangkan sehingga bisa digunakan oleh masyarakat dikala situasi sudah membaik atau bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19.

 BACA JUGA:Bagaimana Nasib Aplikasi PeduliLindungi Jika Pandemi Sudah Jadi Endemi?

"Jadi mungkin maksud pak setiaji bukan apliaksi PL -nya diganti tapi featurenya akan berubah. Dengan menyesuaikan situasi pasca pandemi ada beberapa feature yang sudah tidak dimanfaatkan kembali," sambung dr Nadia.

(DRM)