Share

Endemi Bisa Dicapai Jika Tak Ada Varian Baru Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 14:09 WIB
$detail['images_title']
Endemi bisa dicapai jika tak ada varian baru (Foto: Limeroad)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menargetkan Indonesia bisa masuk fase endemi enam bulan lagi sejak akhir Maret 2022. Hal tersebut bisa capai, jika kondisi Indonesia tidak ditemukan varian baru.

"Saya rasa mungkin di akhir bulan ini reproduction rate kita bisa di bawah satu. Jadi kalau Maret bisa di bawah satu, kita tarik enam bulan dari Maret, kalaju mudah-mudahan tidak ada varian baru," ujar Menkes dalam YouTube DPR RI, Kamis (24/3/2022)

 Menkes Budi

Di sisi lain, hasil survei serologi nasional yang didukung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendag) bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap 74 persen penduduk Indonesia pernah positif Covid-19.

Hasil datanya sebesar 73,9 persen menunjukkan antibodi responden kebal terhadap SARS-CoV-2, meski belum menerima vaksin Covid-19.

"Ternyata mereka yang tidak terdeteksi (positif Covid-19) hampir 74 persen sudah mempunyai imunitas. Artinya, 74 persen penduduk kita pernah terinfeksi," ujar Epidemiolog dari FKM UI, Prof Pandu Riyono dalam siaran survei serologi nasional dalam YouTube Kemenkes.

Sementara itu, sejumlah pelonggaran mulai diberlakukan dibeberapa negara, salah satunya Inggris (UK). Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste mengatakan telah terbuka untuk wisatawan tanpa protokol kesehatan Covid-19.

Langkah hidup berdampingan dengan Covid-19 berdasarkan keputusan yang diambil oleh pemerintah Inggris, sebagaimana tercantum dalam rencana 'Hidup Berdampingan Dengan Covid'. Sebab keberhasilan peluncuran vaksin dan booster Inggris, telah mencapai 86% dari total populasi dan menerima dosis kedua dan 67% dari populasi telah mendapatkan booster.

 BACA JUGA:Ngaku Endemi, Kini Sejumlah Negara Laporkan Kenaikan Kasus Covid-19 yang Signifikan!

"Kami tidak lagi melakukan karantina, testing Covid-19, seperti antigen, PCR. Kami sangat terbuka," jelas Owen Jenkins dalam peluncuran buku pelancong WNI pada Kamis (24/3/2022).

(DRM)