Share

6 Cara Menyikapi Masa Pubertas bagi Remaja Perempuan, Moms Wajib Lebih Peka!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Menyikapi masa pubertas remaja perempuan (Foto: Sheknows)

REMAJA akan memasuki masa yang disebut pubertas. Ini merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju remaja. Lantas, bagaimana cara menyikapi masa pubertas?

Seorang profesor pediatri di West Virginia University Amerika Serikat, Pamela Murray, MD, MPH, mengatakan, masa pubertas adalah perubahan besar dalam waktu yang singkat. “Perubahan tentu selalu sulit,” kata Murray dikutip dari WebMD, Jumat (25/3/2022).

Remaja Puber

Beberapa contoh perubahan yang terjadi di masa pubertas di antaranya percepatan pertumbuhan, pertambahan berat badan, menstruasi bagi remaja perempuan, tumbuhnya payudara bagi remaja perempuan, suara yang memberat bagi remaja pria, jerawat, hingga tumbuhnya rambut di kemaluan atau area seperti ketiak.

Perubahan ini tentu tidak mudah bagi remaja yang juga mengalami perubahan hormon. Jika sudah demikian, lantas bagaimana cara menyikapi masa pubertas?

Ada beberapa cara menyikapi masa pubertas yang bisa dilakukan para remaja perempuan. Berikut informasi selengkapnya, seperti dirangkum dari WebMD, Jumat (25/3/2022). 

Berpikir positif

Memulai masa pubertas lebih dulu dan terlihat berbeda dari teman-teman sebaya Anda mungkin bisa menyulitkan dan membuat minder. Namun, alih-alih melihat tubuh Anda yang berubah sebagai hal yang buruk, rangkul lekuk tubuh Anda yang baru. Ketika Anda bercermin, belajarlah untuk mencintai diri Anda yang baru.

BACA JUGA : Anak Perempuan Anda Alami Pubertas? Ini 5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi

Bicara dengan orang dewasa

Remaja Puber

Hal yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi masa pubertas adalah memberi tahu orang dewasa yang Anda percaya. Misalnya, ibu Anda, bibi, atau perawat di sekolah Anda. Anda bisa curhat tentang apa yang mengganggu Anda. Anda juga bisa bercerita dengan teman Anda yang sudah melalui masa pubertas tentang kekhawatiran-kekhawatiran Anda.

BACA JUGA : Tidur dengan Lampu Menyala, Gadis Ini Alami Pubertas di Usia 7 tahun

Belajar adaptasi

Jika Anda kebingungan menghadapi masa pubertas, misalnya bingung dengan cara memakai tampon atau pembalut, mintalah ibu Anda untuk menunjukkan caranya. Berlatihlah beberapa kali, sehingga Anda akan tahu apa yang diharapkan. Selalu simpan beberapa pembalut atau tampon di rumah dan di loker Anda di sekolah, untuk berjaga-jaga jika menstruasi mengejutkan Anda.

Memilih pergaulan

Di masa pubertas, Anda mungkin tergoda untuk bergaul dengan orang yang lebih tua, tetapi itu tidak selalu yang terbaik untuk Anda. Tetaplah bergaul dengan orang-orang seusia Anda.

Persiapkan bra yang tepat

Bra

Bagi remaja perempuan, saat payudara Anda tumbuh, Anda akan membutuhkan bra, terutama jika Anda berolahraga. Jadi, Anda perlu mempersiapkan bra pertama Anda dengan ibu Anda atau perempuan lain yang Anda percaya. Pastikan ukurannya tepat dan mintalah bantuan seorang perempuan yang bekerja di toko agar dapat membantu Anda menemukan bra yang tepat.

Bicaralah dengan dokter

Anda belum harus menemui dokter kandungan, tetapi Anda harus mengunjungi dokter yang dapat Anda ajak bicara tentang perubahan tubuh Anda.

1
2