Share

Benarkah Air Nanas Panas Bisa Bunuh Sel Kanker?

Antara, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 11:48 WIB
$detail['images_title']
Air nanas panas (Foto: Happy foods tube)

ADA klaim di Instagram yang menyebutkan air nanas panas dapat melepaskan zat antikanker serta membunuh sel kanker. Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor.

Namun, benarkah air nanas panas efektif bunuh sel kanker?

 nanas

Dokter Ahli Gizi Klinis Luciana B. Sutanto mengatakan, anjuran tersebut tidak memiliki dasar ilmiah dan belum ada bukti penelitian yang menunjukkan air nanas panas dapat mengobati kanker.

Luciana menilai narasi air nanas panas itu tidak dapat dijadikan acuan pengobatan kanker.

Luciana menjelaskan, buah nanas memang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas.

Namun, konsumsi buah nanas tidak secara langsung membunuh sel kanker dalam tubuh. Sementara kandungan antioksidan dalam air nanas juga belum tentu lebih tinggi daripada buahnya.

Luciana menekankan air panas dapat merusak kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah. Vitamin yang larut air seperti vitamin C, dan berbagai macam vitamin B dapat berkurang kandungannya jika dipanaskan.

 BACA JUGA:Pemkab Subang Gandeng IPB Kembangkan Nanas Simadu

"Untuk mengobati kanker enggak bisa sendirian hanya dengan makan buah. Ada pengobatan, ada terapi, enggak cuma dengan makan nanas kita jadi bebas kanker," kata Luciana.

(DRM)