Share

Sering Nyeri Hebat ketika Mens Bisa Jadi Tanda Kena Endometriosis, Apa Itu?

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 16:31 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Menstruasi. (Foto: Shutterstock)

SIKLUS menstruasi atau haid memang lazim dialami oleh para perempuan setiap bulannya. Kecuali dibuahi, memang Kaum Hawa akan mengalami menstruasi secara rutin setiap bulannya.

Tapi, bagi beberapa perempuan mereka bisa mengalami mual, muntah, diare, bahkan sakit seperti flu. Sedangkan, estrogen dan progesteron yang menurun juga bisa menyebabkan Anda menjadi mudah marah dan tidak merasa seperti diri sendiri.

Memang, masalah nyeri haid hebat tersebut sering dianggap hal biasa bahkan sepele bagi beberapa wanita. Rasa sakit tersebut seringkali menjadi suatu hal yang normal juga terabaikan bagi wanita. Padahal rasa sakit tersebut bisa merupakan salah satu penyebab dari endometriosis.

Menstruasi

Spesialis Obstetri & Ginekologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dokter M. Luky Satria, Sp.OG – KFER, menjelaskan endometriosis merupakan tumbuhnya jaringan endometrium atau lapisan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim.

“Tempat yang seharusnya berada di dalam rahim, tapi ini tumbuh di luar rahim, seperti otot rahim. Itu namanya endometriosis,” kata Luky seperti dikutip dari Antara.

Endometriosis merupakan suatu penyakit yang semakin lama dapat semakin memburuk jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Penderita endometriosis akan mengalami nyeri hebat ketika menstruasi. Namun, bagi sebagian orang menganggap hal tersebut wajar dan tidak perlu dilebih-lebihkan.

“Nyeri haid itu gejala endometriosis yang paling umum diketahui. Masalahnya, orang-orang awam menganggap nyeri haid berlebihan itu wajar," kata Luky.

Kerap kali, orang yang mengalami nyeri haid sampai terpaksa bolos sekolah atau kerja dianggap "ratu drama", padahal nyeri yang dialaminya memang berat, hanya saja dianggap biasa sehingga tidak diperiksakan kepada dokter. "Nyeri saat haid tidak boleh disepelekan dan diabaikan begitu saja," kata Luky.

Pusat Fertilitas Bocah Indonesia sepanjang Maret menyebarkan edukasi tentang Endometriosis juga meluncurkan paket Endometriosis khusus bagi para perempuan yang mengalami gangguan endometriosis agar kaum Hawa peduli mengenai penyebab nyeri haid berlebihan dan dapat mengatasinya sejak dini.

1
2