Share

Dokter Paru Beri Tips Hindari Kerusakan Paru-Paru Akibat Covid-19

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 15:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock)

ORANG yang terpapar Covid-19 memang rawan mengalami penyakit lanjutan atau yang kerap disebut sebagai Long Covid. Gejala Long Covid memang bermacam-macam, salah satunya adalah kerusakan pada paru-paru.

Kerusakan paru-paru ini, sangat rentan terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Hal ini terkait dengan jaringan paru yang sudah mengalami penuaan (degeneratif) sehingga kondisinya lebih tidak fleksibel jika dibandingkan dengan jaringan paru pada seseorang yang lebih muda.

Dokter spesialis paru dan pernapasan dr. Amira Anwar, Sp.P, FAPSR, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan paru-paru.

Pertama, hindari kemungkinan terpapar virus dengan menerapkan 5M, yakni menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Apalagi jika Anda memiliki penyakit komorbid.

Seseorang dengan komorbid sebaiknya sebisa mungkin mengelola dengan baik masalah kesehatannya. Jaga kadar gula darah agar tetap terkontrol, rutin meminum obat apabila ada masalah jantung, dan lain sebagainya.

Kedua, jalani gaya hidup sehat dengan pola makan tepat dan konsumsi air yang cukup. Tetap konsumsi makanan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan imunitas secara keseluruhan. Hidrasi yang tepat dapat mempertahankan volume darah dan selaput lendir yang sehat dalam sistem pernapasan. Hal ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan kerusakan jaringan dengan lebih baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, hindari merokok, rokok elektrik, atau paparan terhadap asap rokok dan polusi udara. Lakukan vaksinasi Covid-19 dan lengkapi hingga vaksin penguat untuk semakin memperkuat imunitas.

Covid-19 lebih banyak menyebabkan kelainan di paru. Bahkan, gejala yang dirasakan dapat menetap pada masa pascaCovid-19. Virus penyebab Covid-19 juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ lain yaitu jantung, ginjal, sistem saraf, dan kelainan pada darah. Pemulihannya bisa jadi tidak sebentar.

"Oleh karena itu, konsultasi setelah terinfeksi Covid-19 sangat diperlukan, terutama pada pasien-pasien yang memiliki komorbid, agar para penyintas Covid-19 dapat kembali pulih sepenuhnya dan melakukan aktivitasnya kembali seperti semula," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

1
2