Share

Jika Indonesia Masuk Fase Endemi, Apakah Covid-19 Lenyap?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 14:27 WIB
$detail['images_title']
Indonesia bersiap masuk fase endemi (Foto: Antara)

KETUA Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban cukup yakin bahwa Indonesia akan memasuki fase endemi 3 bulan lagi dari sekarang. Masa Transisi pun diberlakukan oleh pemerintah untuk menyambut fase tersebut.

"Kapan endemi Covid-19 di Indonesia terjadi? Tidak akan lama lagi, sekitar 3 bulan. Semoga. Bismillah," kata Prof Zubairi Djoerban dalam cuitan resminya di Twitter, Selasa (22/3/2022).

 bersiap masuk fase endemi

Keyakinan Prof Zubairi mengacu pada indikator suatu penyakit masuk ke fase endemi, yaitu tingkat rawat inap dan kematian yang rendah, beban sistem kesehatan tak lagi besar. Lalu jumlah kasus barunya sedikit.

"Positivity rate, vaksinasi, kebijakan pemerintah, perilaku masyarakat, dan pengobatan baru pun menentukan atau berperan bagi Indonesia bisa menuju endemi," ungkapnya.

Menjadi pertanyaan sekarang, apa yang akan terjadi di fase endemi itu? Apakah Covid-19 benar-benar lenyap atau sebetulnya penyakitnya masih ada tapi masyarakatnya semakin kuat?

Prof Beri, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa fase endemi itu bukan berarti situasi tak ada lagi Covid-19 sama sekali. Di fase itu pun bukan berarti masyarakat tidak lagi memperdulikan adanya Covid-19.

"Penyakit itu tetap ada, tapi kasusnya statis. Kenaikan kasusnya tak meningkat, tak terlalu turun juga, dan tak ada lonjakan besar yang tak terduga seperti tahun-tahun sebelumnya," begitu papar Prof Beri.

Indonesia sendiri sudah memiliki penyakit endemi, seperti TBC dan malaria. Keduanya, kata Prof Beri, masih sebabkan angka kesakitan dan kematian pun tinggi.

Lebih lanjut, Prof Beri pun menjelaskan apakah di fase endemi yang akan dirasakan Indonesia 3 bulan lagi Covid-19 masih sebabkan kematian?

Ia menjawab, pada kenyataannya Covid-19 masih bisa menular dan membuat orang meninggal. "Meski tidak secepat tahun-tahun sebelumnya," terangnya.

Sebagian dari Anda mungkin penasaran juga, lantas apakah Covid-19 bisa dihilangkan total alias benar-benar tak ada di kehidupan ini? Prof Beri mengatakan, tidak akan hilang dalam waktu sekarang-sekarang ini.

 BACA JUGA:Jika Status Endemi Berlaku, Pasien Covid-19 Masih Ditanggung Pemerintah?

"Tetapi, kami akan melihatnya keluar dari fase pandemi dan masuk ke fase endemi. Tidak lagi menjadi krisis dan lebih bisa terkelola penyakitnya," tambahnya.

(DRM)