Share

Alami Mual, Gatal-Gatal, Sesak Napas, Segera ke Dokter Cek Ginjal Anda!

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 11:34 WIB
$detail['images_title']
Mengalami sesak napas (Foto: Medical news today)

MASYARAKAT pada umumnya tidak memahami seberapa penting mengecek kesehatan ginjal. Padahal memiliki manfaat agar dapat mencegah penyakit kronis atau gagal ginjal.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr. Zulkhair Ali mengatakan, masyarakat harus melakukan pemeriksaan secara berkala, secara rutin terutama bagi faktor risiko menderita penyakit ginjal. Mereka adalah usia di atas 50 tahun, penderita diabetes, penderita hipertensi, perokok, obesitas, dan ada riwayat keluarga yang menderita penyakit ginjal.

 penyakit ginjal

“Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali,” kata dr Zulkhair dalam konferensi pers secara virtual Hari Ginjal Sedunia.

Dia juga mengatakan, ada gejala penyakit ginjal yang perlu diwaspadai tanpa sadar ternyata kondisi sakit sudah stadiun lanjut. Gejala penyakit ginjal kronis antara lain mual, gatal-gatal, sesak napas, anemia, dan hipertensi.

Kalau sudah ditemukan adanya faktor risiko, maka langkah selanjutnya harus menurunkan faktor risiko tersebut. Skrining juga dilakukan terhadap pasien-pasien yang sedang mengalami penyakit ginjal.

“Kemudian kalau sudah terjadi kerusakan kita harus melakukan pengobatan, baik melakukan pengobatan terhadap ginjalnya untuk menunda atau memperlambat progresivitas penyakit ginjalnya maupun mengobati komorbid yang ada,” jelasnya

Dengan demikian, ia menjelaskan bahwa pemerintah telah menyediakan layanan untuk deteksi dini bagi masyarakat minimal setiap 1 tahun sekali baik itu di tingkat RT maupun RW. Layanan tersebut dalam bentuk Posyandu untuk usia produktif dan Lansia.

 BACA JUGA:Penduduk Desa Ini Banyak yang Hanya Punya Satu Ginjal, Alasannya Bikin Sedih

“Deteksi dini paling minimal satu tahun sekali. Seluruh masyarakat diharapkan bisa mengakses layanan itu, termasuk juga pengobatan dan konseling untuk faktor risiko penyakit ginjal,” tambah dr Zulkhair.

(DRM)