Share

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bikin Kenyang Lebih Lama!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur (Foto:

5 MAKANAN yang baik dikonsumsi saat sahur penting Anda ketahui sebelum memasuki bulan Ramadan. Makanan-makanan ini selain bernutrisi, bisa membuat perut kenyang lebih lama. Makanan apa saja?

Puasa dari fajar hingga petang di bulan Ramadhan bisa membuat Anda lelah, dan karena Anda adalah apa yang Anda makan, inilah saatnya untuk mengurangi makanan cepat saji, dan mencoba mencari tahu makanan apa yang akan memberi Anda energi yang tahan lama.

Terlalu sering, orang memilih untuk melewatkan makan "sahur" sebelum fajar sama sekali atau memilih makanan yang salah. Padahal, memilih makanan yang Anda konsumsi saat sahur merupakan kunci untuk puasa yang mudah. Sahur yang seimbang akan membuat Anda merasa berenergi dan membantu mengurangi rasa lapar dan haus di siang hari.

Melansir laman English Alarabiya pada Kamis (17/3/2022), berikut adalah rekomendasi 5 makanan yang baik dikonsumsi saat sahur, supaya kenyang lebih lama.

1. Gandum utuh

Oat adalah sumber serat yang memperlambat pelepasan energi, membuat Anda kenyang lebih lama. Oat yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dimasak, mengandung lebih banyak serat daripada varietas oat lainnya tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Masak oat dalam susu untuk efek yang lebih mengenyangkan.

Supaya lebih menggugah selera saat Anda menyantapnya pada saat sahur, Anda dapat membuat oat menjadi lebih manis dengan sedikit madu, dengan beberapa buah kering dan taburi dengan biji labu.

BACA JUGA : Hindari 3 Jenis Makanan Ini saat Sahur, Bikin Cepat Haus hingga Asam Lambung Naik

2. Telur rebus

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

(5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur, Foto: Healthline)

Telur dianggap sebagai sumber protein dan vitamin D yang sehat, meskipun dihindari oleh beberapa orang karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Namun, kolesterol dalam makanan memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kadar kolesterol darah dibandingkan dengan lemak jenuh misalnya, dan orang yang memiliki kadar kolesterol darah tinggi diperbolehkan makan 2 butir telur seminggu.

BACA JUGA : Ini Manfaat Sahur untuk Kesehatan Tubuh

3. Yoghurt

Ingin menyantap makanan manis saat sahur? Yoghurt beku polos yang dibeli di toko adalah jawaban Anda dan hanya perlu beberapa menit untuk disiapkan dalam mangkuk. Pastikan untuk memilih topping yang mengenyangkan, termasuk buah-buahan seperti beri dan granola.

4. Quinoa

Quinoa adalah sumber vegetarian dari protein dan serat lengkap dan merupakan alternatif bebas gluten yang bagus untuk gandum. Masak dalam santan dan potong dadu di beberapa apel dan kayu manis untuk santapan sahur yang enak.

5. Smoothie dari buah-buahan

Tidak semua smoothie sama. Sementara banyak yang mengandung gula dalam jumlah tinggi dan dapat membuat Anda merasa lapar, lebih baik membuat smoothie dengan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami di dalamnya.

Campurkan biji chia kering, yogurt, anggur tanpa biji dengan kulit utuh, dan es kemudian haluskan. Hasil akhirnya? Smoothie yang kaya omega 3, serat, dan protein sekaligus menjaga gula darah Anda tetap seimbang.

1
2