Share

Apakah Deltacron Sangat Menular?

Antara, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 12:02 WIB
$detail['images_title']
Penuran Deltacron masih diselidiki (Foto: DMER)

SAAT ini Deltacron disebut mulai muncul. Hal ini membuat masyarakat jadi khawatir.

Lalu apakah Deltacron sangat menular?

 deltacron

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini Deltacron masih dimonitor perkembangannya.

"Karena belum ada bukti terkait peningkatan penularan seperti apa, keparahan dan lainnya," kata Siti Nadia.

Sebelumnya, para ilmuwan telah mengonfirmasi keberadaan varian Covid-19 baru yang menggabungkan mutasi dari varian Omicron dan Delta dengan kasus yang dilaporkan di beberapa negara Eropa.

Varian itu, yang dijuluki "Deltacron," dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan para ilmuwan di IHU Mediterranee Infection di Maseille, Prancis. Varian itu telah terdeteksi di beberapa wilayah Prancis.

Kasus varian Deltacron juga ditemukan di Denmark dan Belanda, menurut database internasional Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID).

Secara terpisah dua kasus teridentifikasi di Amerika Serikat dan dilaporkan 30 kasus teridentifikasi di Inggris.

Varian tersebut adalah hibrida yang muncul lewat proses yang disebut rekombinasi, di mana dua varian virus menginfeksi individu secara bersamaan mengakibatkan bertukar materi genetik dan menciptakan varian baru.

Siti Nadia memastikan bahwa pemerintah terus melakukan pemantauan perkembangan dan mendorong percepatan upaya vaksinasi Covid-19.

 BACA JUGA:Muncul Varian Deltacron, Dokter Reisa: Pengobatan Tetap Sama

"Ya artinya menghadapi apapun juga potensi penularan, percepatan vaksinasi booster dan primer harus disegerakan," ujar Siti Nadia.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)