Share

Penulis Cerita Lupus Hilman Hariwijaya Meninggal Usai Terkena Liver, Kenali Berbagai Penyebabnya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 14:49 WIB
$detail['images_title']
Hilman penulis Lupus (Foto: inst)

KABAR duka kembali berhembus di Tanah Air. Penulis ternama, penulis cerita Lupus, Hilman Hariwijaya, menghembuskan napas terakhirnya pada hari Rabu (9/3/2022) pukul 08.02 WIB.

Wafatnya Hilman Hariwijaya untuk selamanya tentu menorehkan duka mendalam bagi para sahabatnya.

Salah satunya penulis Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong. Melalui akun Facebook-nya, Gol A Gong membagikan potret kebersamaan serta doa untuk mendiang. Mengenang kisah saat mereka masih bersama.

 Hilman semasa sehat

Dikabarkan rekan sesama penulis, Hilman meninggal karena mengidap sakit liver. Ia juga sempat dirawat di rumah sakit saat kondisi kesehatannya menurun.

Lalu apa penyebab seseorang terkena infeksi liver?

Infeksi liver menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Dalam kondisi tertentu, penyakit tersebut memang bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

"Penyakit liver itu bisa muncul karena genetik atau disebabkan oleh berbagai faktor misal virus, tingginya konsumsi alkohol, atau obesitas," jelas laporan kesehatan Mayo Clinic, seperti dikutip Okezone.

Seiring waktu, kerusakan pada liver dapat menyebabkan jaringan parut atau sirosis yang dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal hati, yang mana itu mengancam nyawa.

Bicara soal penyebab penyakit liver, secara garis besar ada empat, yakni:

1. Infeksi

Parasit atau virus dapat menginfeksi liver yang menyebabkan peradangan dan dapat mengurangi fungsi liver itu sendiri. Virus yang menyebabkan kerusakan liver dapat menyebar melalui darah atau air mani yang terkontaminasi atau kontak erat dengan orang yang terinfeksi. Jenis infeksi liver paling umum adalah virus hepatitis termasuk Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C.

2. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat menyerang tubuh kita sendiri, ini yang disebut dengan autoimun. Autoimun sendiri dapat memengaruhi liver. Contoh dari penyakit hati autoimun adalah Hepatitis autoimun, Kolangitis bilier primer.

3. Genetika

Gen abnormal yang diwarisi dari salah satu atau kedua orangtua juga dapat menyebabkan berbagai zat menumpuk di hati yang menyebabkan kerusakan hati. Penyakit hati genetik antara lain Hemokromatosis, Penyakit Wilson, dan Defisiensi antitripsin alfa-1.

4. Kanker

Kerusakan hati juga bisa disebabkan oleh kanker, contohnya kanker hati, kanker saluran empedu, atau adenoma hati.

 BACA JUGA:Penulis Lupus Meninggal Dunia, Raditya Dika Ungkap Peran Besar Hilman Hariwijaya dalam Karirnya

5. Lain-lain

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa menderita penyakit liver karena penyalahgunaan alkohol, akumulasi lemak di hati, atau karena penyalahgunaan obat herbal yang dijual bebas. Nah, bagi orang yang mengalami gejala liver, segera pergi ke dokter. Jangan sampai terlambat!

(DRM)