Share

Berbagai Gejala Infeksi Telinga, Salah Satunya Nyeri dan Gatal

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 12:43 WIB
$detail['images_title']
Mengalami infeksi telinga (Foto: Connect hearing)

TELINGA merupakan salah satu organ penting manusia untuk mendengarkan. Pada organ telinga terdapat Tuba Eustachius, yang merupakan sebuah saluran kecil yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan nasofaring yaitu daerah bagian belakang dari hidung.

Infeksi telinga terjadi ketika saluran Estachius (tuba Eustachius) tersumbat atau meradang, yang menyebabkan terbentuknya cairan di telinga bagian tengah.

 infeksi telinga

"Ada beberapa jenis infeksi pada organ telinga yang disebabkan oleh bakteri dan virus, di mana infeksi ini sering terjadi pada anak kecil dan remaja dikarenakan memiliki saluran Eustachius yang lebih sempit, pendek dan horizontal dibanding pada orang dewasa," ujar Dr. dr. Olivia Claudia Pingkan Pelealu Sp.THT-KL (K) belum lama ini.

Dokter Spesialis THT Konsultan Laring Faring, Olivia Claudia dari RS Siloam Manado menjelaskan sejumlah gejala yang dapat diamati pada infeksi telinga antara lain,

Nyeri sedang, rasa tidak enak dalam telinga, penderita merasakan adanya tekanan dari dalam telinga yang menetap dan adanya cairan yang keluar dari telinga serta berkurangnya kualitas pendengaran.

"Gejala ini dapat menetap atau hanya bersifat sementara. Gejala dapat muncul pada salah satu atau bahkan kedua telinga. Nyeri biasanya dirasakan lebih berat tergantung jenis dan tingkat keparahan penyakitnya ," ungkap dr. Olivia.

Infeksi telinga ringan dapat disembuhkan tanpa intervensi. Jika gejala semakin memburuk dan tidak ada perubahan, antibiotik dapat diberikan dengan mempertimbangkan berbagai kondisi pada penderita.

Pada lingkup dunia kedokteran, terdapat sejumlah diagnosis pada infeksi organ telinga yang disebabkan sejumlah faktor resiko.

Infeksi pada organ telinga Otitis eksterna yaitu infeksi telinga bagian luar yang meliputi daun telinga dan saluran atau liang telinga, disebabkan bakteri dalam air yang terperangkap di saluran telinga. Contoh setelah berenang, mengorek telinga dengan jari atau cotton bud.

Gejalanya dapat seperti nyeri telinga dan rasa gatal. Selain itu juga iritasi di liang telinga hingga kemerahan dan bengkak pada liang telinga.

"Penderita merasakan adanya tekanan dan rasa penuh, keluar cairan encer dari lubang telinga dan nyeri pada saat buka mulut dan atau menggerakkan rahang. Dapat diobati dengan membersihkan telinga dengan hati hati dan obat tetes telinga atau sistemik," terang dr. Olivia.

Selanjutnya infeksi telinga Otitis eksterna maligna, infeksi difus di liang telinga luar dan struktur lain seperti tulang rawan dan tulang disekitarnya. Dengan gejala seperti gatal di liang telinga disertai nyeri, adanya cairan yang banyak pada liang telinga, bengkak, granulasi bahkan jika saraf wajah terkena dapat menyebabkan wajah mencong.

 BACA JUGA:Hari Pendengaran Sedunia, Yuk Kenali Gangguan Kesehatan Telinga Selain Tuli

"Penanganan Otitis eksterna maligna ini dilakukan dengan pengobatan antibiotik, simtomatik dan melakukan pembedahan apabila diperlukan," ungkap dr. Olivia.

(DRM)