Share

Alasan Mengapa Anak-Anak dan Remaja Perlu Vaksinasi Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 06 Maret 2022 12:17 WIB
$detail['images_title']
Anak divaksin Covid-19 (Foto: Science news for student)

SETIAP orang saat ini membutuhkan vaksinasi Covid-19. Bukan tanpa alasan, faktanya vaksin dapat menekan risiko terjadinya perburukan bila terinfeksi virus Covid-19.

Apakah perlu untuk anak-anak juga?

 anak divaksin

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekitar 28 juta, anak usia 5-11 tahun di Amerika mengalami sakit parah setelah terinfeksi Covid-19 sehingga harus dirawat di rumah sakit.

"Covid-19 dapat membuat anak sangat sakit dan menyebabkan anak harus dirawat di rumah sakit. Dalam beberapa situasi, komplikasi dari infeksi dapat menyebabkan kematian," kata CDC dikutip dalam laman resminya, Minggu (6/3/2022)

Kemungkinan anak-anak terinfeksi virus Covid-19, sangat besar mengingat varian terbarunya muncul BA.2 dengan karakter lebih mudah menular. Sekitar 30 persen dari varian asli Omicron (BA.1), hal tersebut disampaikan oleh KREM 2 News, Perpustakaan Kedokteran Nasional AS telah menemukan dua gejala tambahan dari subvarian Omicron BA.2, yaitu pusing dan kelelahan.

"Laporan tersebut mengungkapkan bahwa subvarian BA.2 baru menyebar 30 persen lebih mudah daripada varian omicron asli (BA.1)," dikutip dari Times of India pada Minggu (6/3/2022)

CDC mengungkapkan bahwa hingga pertengahan Oktober 2021, anak-anak usia 5 hingga 11 tahun telah mengalami lebih dari 8.300 rawat inap terkait Covid-19 dan hampir 100 kematian akibat itu. Faktanya, Covid-19 menempati urutan 10 besar penyebab kematian anak usia 5 hingga 11 tahun.

Lebih lanjut, CDC menerangkan sejumlah manfaat vaksinasi bagi anak-anak dan remaja, antara lain:

1. Dapat membantu melindungi anak-anak berusia 5 tahun ke atas dari tertular Covid-19.

2. Dapat membantu melindungi anggota keluarga, termasuk saudara kandung yang tidak memenuhi syarat untuk vaksinasi dan anggota keluarga, mungkin berisiko lebih tinggi sakit parah jika mereka terinfeksi.

3. Vaksinasi juga dapat membantu menjaga anak-anak agar tidak sakit parah bahkan jika mereka terkena Covid-19.

 BACA JUGA:Indonesia Kedatangan Hampir 3,5 Juta Vaksin Pfizer dari Amerika

4. Memvaksinasi anak-anak usia 5 tahun ke atas dapat membantu mereka tetap bersekolah dan membantu mereka aman dalam olahraga, teman bermain, dan kegiatan kelompok lainnya.

(DRM)