Share

Menkes Sebut Angka Obesitas Terus Meningkat dalam 10 Tahun Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 Maret 2022 20:21 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Diabetes. (Foto: Shutterstock)

PREVELENSI kasus obesitas di Indonesia telah meningkat dalam 1 dekade terakhir. Obesitas memang masalah kesehatan serius, karena bisa menyebabkan diabetes, ibu dari segala penyakit.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa beban masalah yang disebabkan oleh peningkatan kasus obesitas ini bukan hanya memengaruhi sektor kesehatan, tetapi juga ekonomi. Karena itu, diperlukan kerjasama oleh banyak pihak untuk menurunkan angka kasusnya.

"Di Indonesia, angka obesitas dalam 1 dekade terakhir makin meningkat. 1 dari 3 orang dewasa mengalami obesitas sentral dan 1 dari 5 anak mengalami obesitas," papar Menkes Budi di Webinar Hari Obesitas Sedunia, Sabtu (5/3/2022).

Bicara soal penyebab obesitas, menurut Menkes, akar penyebab obesitas itu bersifat multifaktor. Karena itu, pendekatan untuk mencegah dan mengobati obesitas harus dilakukan dengan melibatkan semua pihak.

Obesitas

"Sudah tugas kita bersama untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, rutin melakukan aktivitas fisik, dan mengelola stres, sera mengurangi stigma pada orang-orang yang hidup dengan obesitas guna mencapai angka target penurunan obesitas," ungkapnya.

Obesitas sendiri tercatat secara global dialami 800 juta orang di seluruh dunia. Spektrum obesitas pun sangat luas, mulai dari bayi hingga lansia bisa mengalami masalah ini.

Dampak yang ditimbulkan bukan hanya pada masalah kesehatan yaitu sebagai penyakit dan faktor risiko masalah kesehatan lainnya, tetapi juga ekonomi. "Pada dampak ekonomi, masalah obesitas menelan USD1 juta sebagai penyebab medis yang ditimbulkan dari obesitas,tambah Menkes Budi.

(mrt)