Share

6 Efek Buruk Pakai Gel Rambut, di Antaranya Bisa Ubah Tekstur Rambut

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 05 Maret 2022 08:30 WIB
$detail['images_title']
6 efek buruk pakai gel rambut, di antaranya bisa ubah tekstur rambut (Foto: Lifeberrys)

JAKARTA - Kalangan pria biasanya menggunakan gel untuk menata rambut supaya terlihat rapih. Tindakan ini, bisa dibilang salah satu cara agar penampilan makin menarik.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (5/3/2022), gel rambut adalah produk yang cukup nyaman digunakan untuk menata dan membentuk rambut sesuai keinginan.

Namun, ada efek samping tertentu dari produk tersebut yang mungkin dapat merusak rambut dalam jangka panjang. Apa saja? simak penjelasan berikut ini.

1. Rambut rontok

Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus menerus membuat akar rambut menjadi lemah. Akar yang lemah dapat menyebabkan kerontokan dan menghambat pertumbuhan sehingga merusak rambut. Tidak hanya itu, gel rambut dapat mengeringkan kulit kepala serta membuat rambut kasar dan rapuh.

2. Mengubah warna

Gel rambut turut memengaruhi warna rambut lantaran mengganggu keseimbangan pH kulit kepala . Selain itu, bahan kimia keras yang terkandung dapat menyebabkan warna rambut alami memudar.

3. Rambut kering

Gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya yang menghilangkan kelembapan rambut. Dengan begitu rambut mengalami dehidrasi dan kering. Selain itu, menggunakan gel rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bersisik serta membuat rambut kasar dan keriting.

5. Rambut patah

Rambut kering, rusak, kasar, dan rapuh sering menyebabkan ujungnya menjadi bercabang. Gel rambut menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembapan di kulit kepala, dan dengan demikian membuat rambut mudah patah.

6. Mengubah tekstur rambut

Penggunaan gel rambut secara ekstensif adalah mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan lama kelamaan ini membuat rambut tak bernyawa dan keriting sehingga berubah tekstur.

(amj)