Share

Studi: Terinfeksi Covid-19 Berisiko Alami Penyakit Kardiovaskular

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 16:15 WIB
$detail['images_title']
Terinfeksi Covid-19 (Foto: Videohive)

STUDI terbaru mengungkapkan bahwa orang terinfeksi virus Covid-19, berisiko terkena 20 penyakit kardiovaskular. Para peneliti menunjukkan dalam laporan di jurnal Nature Medicine.

Laporan tersebut, menemukan mereka yang terinfeksi Covid-19 berpotensi rentan untuk mengalami sejumlah penyakit jantung dan pembuluh darah berbeda termasuk antara lain, gagal jantung, perikarditis, miokarditis, stroke, gangguan serebrovaskular, dan disritmia.

 sakit jantung

“Ada 20 gangguan jantung yang terdiagnosis untuk pasien yang menderita long haul Covid. Yang paling umum adalah sesak napas dan kelelahan,” Dr. Evelina Grayver, MD, Direktur program kesehatan jantung wanita di Northwell Health di NY dilansir dari Fox News, Jumat (4/3/2022)

Bahkan bagi individu yang tidak dirawat di rumah sakit dengan infeksi ditemukan mengalami lebih banyak penyakit kardiovaskular, dibandingkan orang tidak pernah terinfeksi.

Para peneliti menganalisis catatan kesehatan lebih dari 11 juta veteran AS dan menemukan veteran yang positif Covid-19 satu tahun sebelumnya, memiliki risiko yang meningkat secara signifikan untuk 20 kondisi jantung dan pembuluh darah yang berbeda, dibandingkan dengan mereka yang tidak terinfeksi.

Grayver mengatakan banyak pasien menderita efek kardiovaskular dari Covid-19 yang lama seperti miokarditis, takut untuk berolahraga tetapi mengatakan bahwa olahraga dapat memainkan peran penting dalam pemulihan.

"Ketika pasien dapat memulai rejimen olahraga mereka di lingkungan terkendali, mereka dipantau secara ketat dalam hal EKG, tekanan darah, dan detak jantung. Mereka merasa jauh lebih nyaman dan lebih aman melanjutkan latihan," katanya

Perlu diketahui, dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa setelah seseorang terinfeksi 30 hari. Ternyata memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular.

 BACA JUGA:Kabar Baik! Kasus Covid-19 Menurun di 15 Provinsi

"Kami menunjukkan bahwa, setelah 30 hari pertama setelah infeksi, individu dengan Covid-19 berada pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular yang mencakup beberapa kategori, termasuk gangguan serebrovaskular, disritmia, penyakit jantung iskemik dan non-iskemik, perikarditis, miokarditis, gagal jantung dan penyakit tromboemboli," bunyi laporan tersebut.

(DRM)