Share

IDAI Ingatkan Gangguan Pendengaran Juga Bisa Dialami Balita

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 13:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Bayi. (Foto: Shutterstock)

GANGGUAN pendengaran mungkin sangat jarang disadari oleh orang-orang. Padahal, gangguan pendengaran bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi baru lahir.

Di Indonesia sendiri, pada balita usia 2-Jika dibiarkan, maka gangguan pendengaran pun bisa mengakibatkan tuli permanen.5 tahun terdapat 0,11 persen atau 1,1 kasus per 1.000 anak mengalami gangguan pendengaran. Jika dibiarkan, maka gangguan pendengaran pun bisa mengakibatkan tuli permanen.

"Sedangkan di Indonesia menurut riskesdas tahun 2018 proporsi tuna rungu sejak lahir pada anak usia balita ada 1,1 kasus pada per 1.000 anak," ujar dr. Amanda Soebandi, SpnA(K), MMED(ClinNeurophysiol), Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Dia melanjutkan, di negara yang lebih concern untuk melakukan pengetesan terhadap gangguan pendengaran, maka akan ditemukan peningkatan jumlah. Amerika Serikat yang dianggap lebih bagus dan meluas deteksinya, ditemukan jumlah bayi lahir sekitar 1-6 kasus per 1.000 kelahiran mengidap gangguan pendengaran.

Bayi

"Bukan hanya anak-anak, tapi juga bisa terjadi pada adiknya (bayi). Cukup siginifikan, seiring bertambahnya usia maka angka prevelensinya makin meningkat ini," jelasnya

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis THT Dr. dr. Nyilo Purnami, Sp. THT KL(K), FICS, FISCM mengatakan bahwa penggunaan earphone atau headphone bagi anak atau orang dewasa terlalu keras dapat memicu kerusakan atau gangguan pendengaran.

Terlebih, situasi saat ini membuat anak harus melakukan pembelajaran secara online sehingga perlu pengawasan orang tua. Menurutnya, bukan hanya tingkat volume yang perlu diperhatikan tetapi juga durasi penggunaan alat tersebut.

"Kita perhatikan itu adalah volumenya memakai earphone juga harus sesuai tergantung jenis earphone, besar volumenya dan durasi penggunaan berapa lama," ujar dr. Nyilo dalam Webinar Gangguan Pendengaran di Era Daring.

(mrt)