Share

Diet Air Putih Turunkan Berat Badan, Seberapa Banyak Harus Minum Sehari?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Diet Air Putih Turunkan Berat Badan (Foto: Daily Express)

DIET air putih turunkan berat badan, benarkah? kita akan membahasnya dalam artikel ini. Menurunkan berat badan membutuhkan komitmen terhadap beberapa pilihan gaya hidup, seperti makan lebih sehat, berolahraga lebih banyak, tidur 6-8 jam setiap malam, dan minum banyak air putih.

Air tak hanya penting untuk menurunkan berat badan, tetapi juga penting untuk fungsi otak yang tajam, menjaga organ Anda bekerja dengan baik, dan pemulihan setelah olahraga.

Diet Air Putih Turunkan Berat Badan

(Diet Air Putih Turunkan Berat Badan, Foto: Healthline)

Tetapi hanya mendengar bahwa Anda perlu minum "banyak" air bisa membingungkan. Untuk beberapa orang itu bisa menjadi delapan gelas, tetapi yang lain bisa membutuhkan lebih banyak (atau mungkin kurang).

Melansir laman Eat This pada Rabu (2/3/2022), ahli diet Jim White, RD, ACSM, dan pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios, mengetahui berapa banyak air yang harus Anda minum untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA : Yuk Minum Air Putih Setiap Pagi saat Perut Masih Kosong, Ini 5 Manfaatnya

BACA JUGA : Siapa Saja yang Tidak Boleh Minum Terlalu Banyak Air?

Untuk kebanyakan orang:

Meskipun setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, White mengatakan berpegang pada jumlah delapan gelas dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan untuk seseorang yang hanya ingin menurunkan beberapa kilogram. Kedengarannya tidak seperti jumlah yang berlebihan, tetapi tantangan bagi kebanyakan orang adalah minum air yang cukup.

Menurut sebuah penelitian oleh CDC, 43% orang dewasa minum kurang dari empat cangkir air sehari, dengan 7% melaporkan bahwa mereka tidak minum segelas air. Secara umum, Anda harus membiarkan rasa haus menjadi pemandu Anda.

Jika Anda masih haus setelah menenggak 64 ons sepanjang hari, pastikan Anda menyesuaikan asupannya. Tetapi jika Anda merasa terpadamkan, pastikan untuk tidak berlebihan; minum terlalu banyak air dapat menyebabkan hiponatremia, juga dikenal sebagai keracunan air, di mana kadar natrium dalam tubuh menjadi terlalu encer dan dapat menyebabkan pembengkakan di otak, kejang, dan koma.

Jika Anda banyak berolahraga:

Diet Air Putih Turunkan Berat Badan

(Diet Air Putih Turunkan Berat Badan, Foto: Healthline)

Jika Anda seorang atlet gym atau atlet ketahanan, Anda akan membutuhkan lebih banyak air daripada 64 ons standar. Setelah keringat yang serius, Anda bisa menghabiskan tubuh Anda dari hidrasi yang tepat.

"The American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk minum 16 ons air ekstra sebelum Anda berolahraga, dan minum 4-8 ons selama berolahraga, dan 16 ons lagi setelah berolahraga," jelas White.

"Anda juga dapat menimbang diri sendiri sebelum berolahraga dan melihat berapa kilogram yang Anda turunkan. Minumlah 16 ons sesudahnya untuk setiap pon yang hilang."

Jika Anda lebih kelebihan berat badan:

Untuk orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, kebutuhan airnya berbeda. White mengatakan mereka perlu minum lebih banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik dan membantu penurunan berat badan. Persamaan matematika sederhana untuk ini adalah minum setengah dari berat badan Anda dalam ons air. Jadi, jika berat Anda 180 pon, Anda harus minum 90 ons air sehari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Family Medicine menemukan bahwa orang dengan BMI yang lebih tinggi adalah yang paling sedikit terhidrasi. Studi tersebut menunjukkan bahwa air adalah nutrisi penting dan mungkin memainkan peran besar dalam penurunan berat badan seperti makanan dan olahraga.

Peneliti Virginia Tech menemukan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan yang minum 16 ons air setengah jam sebelum makan mereka kehilangan tiga pon lebih banyak daripada mereka yang tidak, dan 9 pon pada akhir 12 minggu.

Meskipun setiap orang memiliki kebutuhan hidrasi masing-masing, memotret untuk 64 ons adalah tempat yang baik untuk memulai. Biarkan rasa haus Anda menjadi pemandu Anda; jika Anda masih merasa haus setelah 8 gelas, jangan ragu untuk minum lebih banyak (jangan berlebihan).

Indikator lain untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup minum air adalah warna urin Anda: Warna kuning pucat atau hampir bening berarti Anda terhidrasi dengan baik. Apa pun yang lebih gelap dari kuning pucat, dan Anda perlu minum lebih banyak H2O.

"Ingat tanda-tanda dehidrasi: haus, mulut kering, sakit kepala, dan dalam kasus ekstrim pusing dan merasa lesu," jelas White.

1
2