Share

Ini Bahaya Minum Kopi Sebelum Sarapan, Perut Jangan Kosong!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Jangan minum kopi sebelum sarapan (Foto: Timesofindia)

MINUM kopi menjadi salah satu kebiasaan di pagi hari kebanyakan orang. Jika termasuk Anda, sudahkah sarapan sebelum minum kopi?

Kepala petugas medis di PushDoctor.co.uk mengatakan, minum kopi saat perut kosong bisa berdampak negatif pada sistem pencernaan, sehingga memicu produksi asam lambung terlalu berlebihan. Dikatakannya hal tersebut bisa merusak lapisan perut, menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan lain.

Minum Kopi

Minum kopi saat perut kosong juga dapat menimbulkan efek samping lainnya. Menurut Dr Adam Simon, minum kopi saat perut kosong dapat menimbulkan efek samping kegugupan, perubahan mood, gejala kegelisahan, meningkatkan detak jantung, mudah tersinggung dan sulit fokus.

BACA JUGA : Meski Enak, Merokok, Minum Kopi, dan Makan Gorengan Bersamaan Berbahaya bagi Jantung

Selain itu, rupanya minum secangkir kopi panas saat perut kosong juga mengganggu ritme sirkadian Anda. Secara sederhana, jam internal mengeluarkan hormon yang disebut kortisol saat Anda bangun tidur.

"Kortisol adalah hal yang membuat Anda merasa waspada dan berenergi. Jadi, ya, ada permulaan kecanduaan atau ketergantungan," kata Adam Simon yang dikutip Mirror.

BACA JUGA : Sudah Ngopi Kok Malah Jadi Lemas? Ternyata Ini Penyebabnya

Penelitian menunjukkan, kopi menurunkan kadar kortisol Anda, laporan Business Insider. Bagi beberapa orang, kopi bahkan bisa membuat Anda merasa lebih mengantuk.

Semua ini tidak berlaku untuk semua orang. Banyak orang minum kopi awalnya merasa baik-baik saja. Tapi, ada banyak orang yang justru menderita, meski hanya memoderasi kebiasaan minum kopi saat perut kosong.

(hel)