Share

Waspada! 8 Gejala Gagal Ginjal Ini Sering Tidak Anda Sadari

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Waspada gejala gagal ginjal sering tidak disadari (Foto: Shutterstock)

DALAM rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia 10 Maret 2022 nanti, penting meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan organ vital ini. Salah satu penyakit yang sering dialami masalah organ ini adalah gagal ginjal.

Penyakit gagal ginjal pada kebanyakan kasus merupakan kondisi komplikasi dari beberapa penyakit yang sudah menyerang tubuh sebelumnya. Jadi, karena sudah adanya kerusakan permanen akibat suatu penyakit yang menahun, gagal ginjal pun muncul.

Gejala Gagal Ginjal

Ketika ginjal rusak, organ tubuh satu ini tak bekerja sebagaimana mestinya. Jika kerusakan ini terus memburuk, individu dikatakan mengalami penyakit ginjal kronis.

"Gagal ginjal merupakan tahap akhir (paling parah) dari penyakit ginjal kronis. Inilah sebabnya mengapa gagal ginjal disebut juga sebagai penyakit ginjal stadium akhir atau disingkat ESRD," terang laman resmi Kidney Fund.

BACA JUGA : Jangan Takut Konsumsi Obat Meski Gagal Ginjal, Ini Alasannya

BACA JUGA : Long Covid Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal hingga 30%?

Apa saja penyakit yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?

Salah satu yang persentasenya cukup tinggi adalah diabetes. Tekanan darah tinggi jadi penyebab kedua masalah ESRD ini. Masalah lain yang juga dicurigai menyebabkan gagal ginjal adalah penyakit autoimun seperti lupus dan nefropati IgA, hingga serangan jantung akibat penggunaan obat-obatan terlarang atau penyalahgunaan narkoba.

"Memiliki salah satu gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gagal ginjal bukan berarti Anda pasti akan mengalami gagal ginjal. Risiko tersebut dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat dan kooperatif dengan dokter Anda dapat menurunkan risiko," ungkap laporan tersebut.

Lantas, apa saja gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai?

1. Gatal

2. Kram otot

3. Mual dan muntah

4. Tidak merasa lapar

5. Bengkak di kaki dan pergelangan kaki

6. Terlalu sering pipis atau sebaliknya

7. Kesulitan mengatur napas

8. Susah tidur

Jika ginjal berhenti bekerja, Anda mungkin mengalami beberapa tanda berikut ini:

1. Sakit perut

2. Sakit punggung

3. Diare

4. Demam

5. Mimisan

6. Ruam di kulit

7. Muntah

"Memiliki satu atau lebih dari gejala tersebut mungkin merupakan tanda atau gejala masalah ginjal yang serius. Jika Anda mengalami gejala tersebut dan tak mudah disembuhkan, segera hubungi dokter," saran laporan tersebut.

1
2