Share

Bagaimana Cara Membersihkan Telinga?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 13:48 WIB
$detail['images_title']
Cara membersihkan telinga (Foto: Forbes)

SERINGKALI masyarakat membersihkan telinga menggunakan alat sembarangan untuk mengorek atau dimasukkan ke dalam telinga. Menurut dokter spesialis THT bahwa pembersihan telinga harus berhati-hati dengan tidak sembarangan.

Menurut Prof. Dr. dr. Jenny Bashiruddin, SpTHT-KL(K), Spesialis Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan, menggunakan alat, seperti cotton bud, jepitan, peniti atau alat keras lainnya tidak diperbolehkan. Penggunaan alat sembarangan untuk membersihkan telinga dapat merusak pendengaran.

 membersihkan telinga

"Akan merusak sehingga sebaiknya hanya bagian luar saja yang dibersihkan di lap atau tapi enggak boleh masuk ke dalam telinga," ujar Dr. Jenny dalam Temu Media Hari Pendengaran Sedunia Tahun 2022, Selasa (1/3/2022)

Lebih lanjut, ia mengatakan pada dasarnya telinga memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan kotoran di sepertiga bagian luar. Telinga pun juga dapat mengeluarkan kotorannya secara sendiri, sehingga membersihkan telinga cukup di bagian luar saja.

Dokter Jenny mengatakan, pembersihannya menggunakan kain lembut dan dilap bagian luar telinga. Jika menggunakan keras seperti yang disebutkan di atas dapat membuat telinga lecet.

"Kelenjar sebasea dan kelenjar serumen akan menghasilkan kotoran disepertiga luar sehingga dia harusnya bisa keluar sendiri," jelasnya

Sementara untuk waktu membersihkan telinga, dokter Jenny mengatakan waktu idealnya bisa enam bulan sekali. Dengan tetap berhati-hati tidak menggunakan alat sembarangan yang dapat membuatnya lecet atau merusak telinga bagian dalam.

Dia pun menegaskan bahwa hanya dokter yang dapat membersihkan bagian dalam telinga karena menggunakan alat. Sehingga dapat mengetahui kotorannya dan tidak secara sembarangan.

 BACA JUGA: Membersihkan Telinga Cukup 6 Bulan Sekali, Tidak Boleh Dilakukan Sendiri!

"Sama sekali kita tidak merekomendasikan untuk dibersihkan sendiri jadi caranya ya kalau emang kotorannya cepet banget, ya enam bulan sekali paling nggak dibersihkan," katanya menambahkan.

(DRM)