Share

Polemik Anak Kanker Diberikan Vaksin Covid-19, Sebenarnya Bolehkah?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 09:31 WIB
$detail['images_title']
Pasien kanker anak bolehkah vaksin Covid-19? (Foto: Shutterstock)

VAKSINASI Covid-19 untuk 6-11 tahun masih terus digencarkan. Tapi bagaimana nasib anak yang menderita kanker, boleh disuntik vaksin atau tidak?

Karena kondisi pasien kanker pada anak juga sangat rentan terpapar Covid-19 maka butuh perlindungan untuk mencegah. Saat ini, tak sedikit pula dari mereka yang banyak terinfeksi virus corona sejak masa awal penyebaran Covid-19, varian Delta hingga Omicron.

Dr. Santoso Nugroho SpA(K) konsultan hematologi onkologi anak dari RSUD dr Saiful Anwar Malang, mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, pasien kanker anak yang alami covid-19 ada di Indonesia, namun sejauh ini kondisinya agak berneda.

"Pasien dengan kanker (kena Covid-19) rata-rata kondisi cukup bagus dan saat ini mereka 1 meninggal. Dia kondisi pnemunonia sangat berat dan ada kondisi infeksi, jadi ada komorbid hebat," ujar dr Santoso lewat keterangan resmi Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI).

Kanker

Namun seiring waktu jumlah data terus bertambah. Dikatakan Ketua UKK Hematologi Onkologi Anak IDAI, Dr. dr. Tenny Tjitra Sari SpA(K), data pasien ksganasan Covid saat ini memang belum jelas, tapi secara kasarnya kira-kira mungkin 25 persen dari pasien kanker anak seluruhnya di Indonesia yang terinfeksi Covid-19.

"Gejalanya ringan bapil dan kondisi berat, tergantung kondisi fase pengobatannya, kalau sudah di-maintanance, gejala tidak begitu berat, kalau baru selesai kemoterapi tentu gejala berat," tambah dr Tenny.

Lalu apakah boleh pasien kanker anak ini disuntik vaksin Covid-19?

dr Tenny menjawab, sebenarnya pemberian vaksin Covid-19 pada pasien kanker anak tidak disarankan. Namun tergantung kondisi pasien dan atas rekomendasi dokter.

"Dari kami masih tetap tidak disarankan, tapi dokter yang merawat, (jika anak) dalam keadaan stabil.mungkin bisa diberikan vaksin. Karena mempertimbangkan status imunnya normal atau tidak, karena mereka masih nenjalani kemoterapi," katanya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak Konsultan Hematologi-Onkologi Prof. Dr. Djajadiman Gatot, Sp.A (K) juga mengatakan, jika anak diberikan vaksin Covid-19, sebaiknya diberikan setelah 3 bulan selesai kemoterapi. Ini sebabnya golongan vaksin Covid-19 merupakan vaksin aktif.

"Kalau vaksin aktif ini virus hidup dilemahkan, ya nunggu 3 bulan. Tapi memang untuk pasien dengan keganasan ini kita belum berikan rekomendasi, secara imun memanng belum bisa, kecuali mereka penyintas itu boleh," simpulnya.

1
2