Share

Stok ASI Nagita Slavina Melimpah, Begini 6 Cara Tingkatkan Produksi Air Susu Ibu

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Nagita Slavina (Foto : Instagram/@raffinagita1717)

NAGITA Slavina membuat heboh media sosial, tapi kali ini bukan perihal item fashion mewahnya. Stok ASI Nagita Slavina yang baru-baru ini menjadi sorotan.

Akun @lambe_turah mengcapture cuplikan video Nagita Slavina sedang mengobrol dengan Merry (asisten Raffi Ahmad) yang viral. Usai ngobrol, Merry membuka freezer tempat menyimpan ASI Nagita Slavina.

Nagita Slavina

Selain menjatuhkan beberapa, terlihat stok ASI Nagita Slavina yang begitu melimpah full 1 kulkas hingga menimbulkan perdebatan. Beberapa netizen ragu itu semua hasil dari Sultan Andara memompa ASI-nya.

Namun, sebenarnya ada beberapa yang bisa dilakukan ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Berikut tipsnya yang dikutip dari situs BellyBelly, Selasa (1/3/2022).

Susui sesering mungkin

Ibu Menyusui

Berikan asupan ASI kapan dia ingin. Anda bisa mengetahuinya saat dia mulai merasa gelisah. Cegah bayi menangis dengan menyusuinya meski sebelum dia merengek. Tawarkan ASI meski Anda tidak yakin apakah dia ingin menyusu atau tidak. Karena semakin sering Anda menyusui, maka semakin banyak ASI yang Anda produksi.

BACA JUGA : 8 Fakta Penting ASI bagi Kebutuhan Gizi Bayi Usia 0-6 Bulan

Hindari memberikan dot

Hindari memberikan dot pada bayi jika Anda ingin memproduksi lebih banyak ASI. Ingat, semakin jarang bayi Anda menyusu dari puting Anda, maka semakin sedikit stimulasi yang diterima untuk memproduksi ASI. Jadi hindari menggunakan dot saat memberikan ASI jika tidak dalam keadaan mendesak. Sehingga produksi ASI Anda tetap banyak.

BACA JUGA : 5 Manfaat ASI untuk Bayi yang Lahir Prematur

Beri ASI sesuai keinginan bayi, bukan jam

Hal yang penting dalam menyusui bayi adalah berikan kapanpun dia inginkan, bukan sesuai dengan jam. Jangan menunda-nunda memberikan ASI hanya karena Anda melihat jam belum menunjukkan waktu yang telah Anda tentukan sendiri. Percaya pada bayi, jika mereka memintanya, itu artinya mereka memang membutuhkannya.

Hindari susu formula

Semakin sering Anda memberinya susu formula, maka semakin berkurang produksi ASI Anda. Ini karena si bayi akan lebih jarang menyusu langsung dari Anda, yang sebenarnya sangat berguna untuk stimulasi produksi ASI. Selain itu, jika Anda terlalu sering memberikan susu formula, maka bukan tak mungkin lambat laun dia akan menolak ASI dari Anda.

Konsumsi makanan sehat

Alpukat

Untuk mendapatkan ASI yang melimpah, makanan juga berperan penting. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat yang bernutrisi dan bisa meningkatkan produksi ASI. Pilih makanan yang bernutrisi seperti alpukat, telur, salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Minum banyak air putih

Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air putih selama dalam masa menyusui. Menyusui membuat Anda gampang haus, sehingga tubuh harus tetap terhidrasi agar Anda bertenaga. Ketika Anda kekurangan cairan tubuh, maka energi dan konsentrasi akan berkurang.

1
2