Share

Sudah Isoman 14 Hari Hasil PCR Positif, Masih Bisa Tularkan Covid-19?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 26 Februari 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Isoman 14 hari masih positif virus sudah tidak infeksius (Foto: Timesofindia)

Pasien Covid-19 atau Omicron dengan gejala ringan melakukan Isoman (isolasi mandiri) di rumah. Setelah Isoman selama 14 hari, hasil tes PCR positif masih kerap dijumpai. Apakah masih infeksius atau menularkan virus ke orang lain?

Disampaikan dokter spesialis paru, DR. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P(K), sebetulnya kondisi seperti ini tidak perlu ditakuti berlebihan, karena kemungkinan besar hasil positif yang ditunjukkan hasil tes PCR adalah DNA virus yang terdeteksi.

Isoman

“Sebetulnya virus itu ada masa hidupnya, sudah diteliti sejak 2020 virus SARS-CoV2 ini biasanya setelah 10-14 hari itu sudah tidak aktif atau inactivated. Sehingga kalau pun masih positif, itu hanya DNA virus yang terdeteksi,” jelas dr. Erlina, dalam gelaran Workshop Kementerian Kesehatan RI, Jumat (25/2/2022).

BACA JUGA : Syarat Isoman di Rumah, di Antaranya Punya Kamar Mandi Sendiri

Ia menambahkan, secara fungsi memang cara kerja alat tes swab PCR dapat menangkap DNA virus SARS-CoV2 pada pasien.

“Alat PCR memang sangat akurat, ini adalah salah satu cara kerjanya. Bisa deteksi DNA virus tanpa tahu aktif atau tidak virus itu,” imbuhnya.

BACA JUGA : Sudah Isoman 10 Hari, Perlukah PCR Lagi?

Dokter Erlina mengingatkan, meski pasien sudah tidak infeksius alias tidak menularkan kepada orang lain. Namun protokol kesehatan wajib tetap harus dijalankan.

“Bisa kita simpulkan setelah 10-14 hari sudah tidak infeksius. Tapi bukan berarti mentang-mentang sudah 10 hari lalu enggak pakai masker dan lalai prokes. Sakit enggak sakit tetap prokes, sudah selesai isoman pun tetap protokol kesehatan dijalankan,” tegas dr. Erlina.

(hel)