Share

Kurang Data, Vaksin Khusus Omicron dari Pfizer Ditunda

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 15:33 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19 (Foto: Hindustan times)

KABAR kurang baik disiarkan produsen vaksin Covid-19 Pfizer dan BioNTech terkait kesiapan akan vaksin Covid-19 khusus varian Omicron.

Pasalnya, seperti dilapor Reuters, Kamis (17/2/2022) pengadaan vaksin Covid-19 yang ditargetkan khusus untuk melawan dan memberikan perlindungan terhadap Omicron yang tengah dikembangkan Pfizer dan BioNTech disebutkan mengalami penundaan selama beberapa minggu.

 varian omicron

Tertundanya pengadaaan vaksin khusus Omicron tersebut, dikemukakan BionTech Chief Executive, Ugur Sahin karena masalah teknis data tepatnya karena proses pengumpulan data yang lebih lambat dari yang diharapkan.

Setelah vaksin spesial Omicron tersebut siap, Pfizer dan BioNTech akan meninjau apakah memang vaksin khusus melawan Omciron ini masih dibutuhkan atau tidak.

“Jika gelombang Omicron berakhir, itu tidak berarti tidak bisa dimulai lagi. Saya tak melihat situasinya sedramatis itu lagi,” ujar Ugur Sahin merujuk pada bagaimana virus corona akan berkembang di masa mendatang.

 BACA JUGA:Gejala Omicron? Ini Daftar Obat yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter

Sebagai informasi, BioNTech sebelumnya diharapkan bisa merilis vaksin pada akhir Maret 2022 ini. Tetapi, pada akhir Januari lalu BioNTech menegaskan proses tersebut tergantung pada berapa banyak data klinis yang dibutuhkan oleh badan regulator yang berwenang.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)