Share

5 Makanan Penurun Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Baca!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Makanan Penurun Gula Darah (Foto: Healthline)

MAKANAN penurun gula darah yang akan dibahas di artikel ini penting diketahui penderita diabetes. Karena,  bagi penderita prediabetes, diabetes, atau kondisi lain yang mempengaruhi gula darah, diet adalah bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat.

Meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, mengikuti diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Sementara beberapa makanan, termasuk makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan, dapat berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain dapat mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Melansir Healthline, berikut adalah 5 makanan penurun gula darah yang baik untuk penderita diabetes.

Makanan laut

Makanan Penurun Gula Darah

(Makanan Penurun Gula Darah, Foto: Healthline)

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang. Plus, ini dapat membantu mencegah makan berlebihan dan meningkatkan kehilangan lemak tubuh berlebih, dua efek yang penting untuk kadar gula darah yang sehat.

Asupan tinggi ikan berlemak seperti salmon dan sarden telah terbukti membantu meningkatkan regulasi gula darah. Misalnya, sebuah penelitian pada 68 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang mengonsumsi 26 ons (750 gram) ikan berlemak per minggu mengalami peningkatan kadar gula darah pasca makan yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi ikan tanpa lemak.

BACA JUGA : 10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes!

Apel

Apel mengandung serat larut dan senyawa tanaman, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes. Meskipun total konsumsi buah telah terbukti mengurangi risiko diabetes, makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

Sebuah studi yang menyertakan data dari lebih dari 187.000 orang menemukan bahwa asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah.

Selanjutnya, sebuah penelitian pada 18 wanita menemukan bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan mengurangi gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makan nasi saja.

BACA JUGA : Tips Makan Sehat bagi Penyandang Diabetes, Ini Deretan Makanan yang Perlu Dihindari

Telur

Telur adalah makanan yang sangat bergizi, menyediakan sumber protein terkonsentrasi, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi telur dengan kontrol gula darah yang lebih baik.

Sebuah penelitian pada 42 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas dan baik pra diabetes atau diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa makan satu telur besar per hari menyebabkan penurunan 4,4% yang signifikan dalam gula darah puasa, serta peningkatan sensitivitas insulin, dibandingkan dengan pengganti telur.

Terlebih lagi, selama 14 tahun studi lanjutan pada 7.002 orang dewasa Korea, asupan telur yang sering dua hingga kurang dari empat porsi per minggu dikaitkan dengan risiko diabetes 40% lebih rendah, dibandingkan dengan makan telur satu kali atau kurang per minggu, pada pria tetapi tidak pada wanita.

Kefir dan yogurt

Kefir dan yogurt adalah produk susu fermentasi yang dapat membantu mengatur gula darah. Penelitian telah menghubungkan asupan kefir dan yogurt dengan peningkatan kontrol gula darah.

Misalnya, satu studi 8 minggu pada 60 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa minum 20 ons (600 mL) kefir, minuman yogurt kaya probiotik, per hari secara signifikan mengurangi gula darah puasa dan HbA1c, dibandingkan dengan minum kefir yang tidak mengandung probiotik.

Yogurt juga dapat bermanfaat bagi gula darah. Sebuah studi 4 minggu pada 32 orang dewasa menunjukkan bahwa mengonsumsi 5 ons (150 gram) yogurt setiap hari meningkatkan insulin pasca makan dan kadar gula darah, dibandingkan dengan baseline mereka.

Alpukat

Makanan Penurun Gula Darah

(Makanan Penurun Gula Darah, Foto: Healthline)

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

1
2