Share

Riwayat Sakit Dorce Gamalama Sebelum Meninggal Dunia: Diabetes, Alzheimer, hingga Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 09:16 WIB
$detail['images_title']
Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia. (Foto: Dok YouTube Curhat Bang Denny Sumargo)

ARTIS senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada hari ini, Rabu 16 Februari 2022. Figur publik Tanah Air tersebut wafat setelah menderita covid-19 sejak beberapa pekan terakhir.

Bunda Dorce –sapaan akrabnya– diketahui sudah berjuang melawan covid-19 dalam perawatan rumah sakit selama 3 minggu lamanya. Menurut sang sahabat, Hetty Sunjaya, Dorce Gamalama dirawat di RSPP Simprug.

Baca juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Hetty Koes Endang: Kena Covid-19 

"Tiga minggu dirawat di rumah sakit akibat covid-19. Tapi, makin ke sini kondisinya terus drop dan enggak sadarkan diri. Sampai akhirnya meninggal dunia pukul setengah 8," kata Hetty saat dihubungi MNC Portal, Rabu (16/2/2022).

Jenazah diketahui sedang diurus pihak rumah sakit. Dikarenakan meninggal dalam kondisi covid-19, jenazah Bunda Dorce tidak bisa dibawa ke rumah. "Semua diurus pihak rumah sakit," terang Hetty.

Baca juga: Ini Pandangan Ustadz Zacky Mirza soal Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan 

Sebelum terpapar covid-19, Bunda Dorce diketahui memiliki riwayat penyakit lain yang diduga memperberat penyakit covid-19-nya. Penyakit itu juga yang membuat tubuh Dorce tampak berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Menurut beberapa informasi, Bunda Dorce mengidap diabetes hingga demensia alzheimer. Diabetes yang dialami Dorce Gamalama sudah diidap sejak beberapa tahun lalu dan itu merusak organ tubuh yang lainnya seperti ginjal, jantung, hingga saraf.

Follow Berita Okezone di Google News

Ya, saraf Bunda Dorce ikut bermasalah karena diabetes yang dialami dan ternyata itu yang membuat dirinya mengidap alzheimer atau kondisi di mana seseorang sulit mengingat sesuatu, pikiran, dan perilakunya pun jadi sulit dikendalikan.

Baca juga: Ini Kondisi Dorce Gamalama Sebelum Meninggal Dunia 

Baca juga: Dorce Meninggal Dunia, MUI: Jenazah Transgender Diurus Sebagaimana Kelamin Awal 

Di beberapa video yang terlihat di Instagram pun memperlihatkan kondisi kesehatan Bunda Dorce yang kian memburuk. Ia mesti duduk di kursi roda karena sudah sulit untuk berjalan normal.

Beberapa video juga memperlihatkan bahwa kemampuan berbicaranya sudah tidak selancar dulu. Itu semua merupakan keluaran dari penyakit yang dideritanya. Selamat jalan Bunda Dorce Gamalama.

1
2