Share

7 Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Redakan Gejala PMS Lho

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 18:08 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

MASYARAKAT Indonesia pasti sudah familier dengan makanan daging ayam. Ya, penganan jenis hewani ini memang menjadi favorit di dalam negeri berkat rasanya yang sangat lezat dan bisa diolah menjadi banyak pilihan.

Daging ayam ternyata juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, tentunya harus tetap diolah secara sehat.

Nah, berikut deretan manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh manusia, sebagaimana dilansir laman Healthsite.

Baca juga: 3 Potret Mesra Al Ghazali dan Alyssa Daguise Pakai Busana Adat Jawa yang Dikabarkan Menikah Siri 

1. Menjaga kesehatan tulang

Selain protein, daging ayam juga kaya akan beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium yang membantu menjaga tulang. Selain itu, daging ayam memiliki selenium yang dipercaya dapat mengurangi risiko radang sendi.

2. Membantu membentuk otot

Ayam adalah salah satu sumber protein non-vegetarian terbaik. Daging tanpa lemak ini mengandung lebih banyak protein. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah berat badan dan membentuk otot.

Baca juga: Hanya Dengan Bahan Tradisional, Ini 11 Obat Batuk Alami 

3. Mengurangi gejala PMS

Magnesium, nutrisi yang ada dalam ayam ini membantu meredakan gejala sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS) serta melawan berbagai perubahan suasana hati yang mungkin dialami wanita selama menstruasi.

4. Meredakan stres

Ayam memiliki dua nutrisi yang bagus untuk mengurangi stres yaitu triptofan dan vitamin B5. Keduanya memiliki efek menenangkan pada tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sup ayam telah lama digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk meredakan pilek, flu, dan infeksi saluran pernapasan umum lainnya. Uap panas sup ayam membantu membersihkan hidung serta tenggorokan tersumbat. Sebuah studi yang mengevaluasi efek ini menunjukkan bahwa sup ayam menghambat migrasi neutrofil, sejenis sel kekebalan, sehingga mencegah peradangan selama infeksi umum dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: 3 Cara Aman Pakai Perhiasan bagi Pemilik Kulit Sensitif, Cegah Iritasi 

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Daging ayam yang kaya vitamin B6 ini memiliki peran penting dalam mencegah serangan jantung. Vitamin B6 membantu menurunkan kadar homosistein, salah satu komponen kunci yang terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung. Selain itu, ayam juga merupakan sumber niasin yang baik, yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

7. Membantu meningkatkan kadar testosterone

Daging ayam dapat membantu mengatur kadar testosteron serta meningkatkan produksi sperma.

Baca juga: 7 Cara Mudah Cegah Varises, Dijamin Berhasil 

1
2