Share

3 Cara Aman Pakai Perhiasan bagi Pemilik Kulit Sensitif, Cegah Iritasi

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 11:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi cara aman pakai perhiasan untuk pemilik kulit sensitif. (Foto: Jannoon028/Freepik)

PERHIASAN merupakan salah satu benda yang cukup efektif mengubah penampilan. Tapi ternyata tidak semua orang cocok menggunakan perhiasan. Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul, salah satunya iritasi kulit.

Bagi para pemilik kulit sensitif harus teliti memilih aksesori perhiasan yang tepat. Alih-alih tampil menawan, mereka justru bisa mengalami iritasi kulit.

Simak empat kiat menggunakan perhiasan bagi pemilik kulit sensitif, seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/2/2022).

Baca juga: Kisah Haru Penerima Donor Dapat Kesempatan Kedua untuk Melihat Dunia 

1. Ketahui material yang digunakan

Banyak orang tergiur dengan harga perhiasan yang relatif murah tanpa memerhatikan material yang digunakan. Sebelum menggunakan perhiasan, Anda perlu mengetahui jenis material yang tidak cocok di kulitmu untuk menghindari reaksi kulit, seperti iritasi atau kemerahan.

Beberapa material yang aman di kulit seperti 925 sterling silver, 18k gold plated, stainless steel, enamel, moissanite stones, swarovski crystal, hingga freshwater pearl bisa Anda jadikan pilihan jika ingin menggunakan perhiasan dengan harga yang terjangkau tapi tetap terlihat memukau.

Baca juga: MasterChef Indonesia: Ini yang Bikin Devy dan Machel Auto-Lolos ke Babak Berikutnya 

2. Pastikan tempat penyimpanan bersih

Selain material yang digunakan, Anda perlu memastikan tempat penyimpanan perhiasanmu bebas dari debu. Selain mencegah kulit iritasi, kotak perhiasan yang bersih dapat menjaga dan memperpanjang kualitas dari perhiasan tersebut.

Oleh karena itu, bersihkan tempat perhiasan dengan mencuci atau mengelapnya secara rutin. Tidak kalah penting, pastikan perhiasanmu sudah dalam keadaan bersih sebelum disimpan ke tempatnya. Lap dengan tisu berbahan lembut untuk membersihkan perhiasan setelah dipakai.

3. Hindari pemakaian perhiasan bertumpuk

Memakai perhiasan bertumpuk bisa memicu adanya kelembapan di bawah kulit. Tidak hanya itu, perhiasan bertumpuk berpotensi menimbulkan gesekan yang membahayakan kulit karena bisa menyebabkan iritasi.

Sebaliknya, gunakan perhiasan dengan sewajarnya. Meskipun terkesan sederhana, penampilanmu akan tetap menawan jika dipadukan perhiasan yang tepat. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis perhiasan untuk melengkapi penampilan, seperti menggunakan cincin dan gelang untuk mempercantik pergelangan tangan.

Baca juga: Benarkah Mata Minus Makin Parah karena Sering Lepas Kacamata? 

Baca juga: Waspada! Kemenkes Prediksi Lonjakan Omicron Terjadi Awal Maret 2022 

1
2