Share

5 Rahasia Menko Luhut Tetap Bugar dan Energik di Usia 74

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Menko Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Dok.Okezone)

SOSOK Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), masih terlihat bugar dan energik di usianya yang sudah 74 tahun. Tentunya hal ini tak didapatkan secara instan, ada beragam upaya yang telah dilakukan olehnya sejak usia remaja.

Kepada MNC Portal Indonesia, Menko Luhut mengaku selalu rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. Ia pun memberikan beberapa tips kebugaran tubuh lainnya yang tak kalah penting. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini, Sabtu (12/2/2022).

1. Membersihkan pikiran

Menko Luhut

Membersihkan pikiran kotor dan negatif memang dipercaya memberi dampak baik untuk kesehatan mental, terutama bagi seseorang yang acap kali berkutat dengan berbagai aktivitas, seperti Luhut Binsar Pandjaitan. Mobilitasnya sebagai pejabat tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua sudah tahu betapa besar perannya dalam pemerintahan saat ini.

Pikiran yang tidak baik tentu akan mempengaruhi kondisi emosional dan berimbas pula pada kesehatan fisik, bahkan memicu prasangka buruk dan mudah stres. Oleh karena itu, Luhut selalu membersihkan pikirannya dari hal-hal negatif untuk menciptakan kedamaian batin, yang berdampak pada kesehatan tubuhnya.

"Ya pertama, otak kita harus bersih dulu. Hehehehe. Jangan banyak busuk hatinya. Yah hidup ini kan tidak ada yang sempurna ya, nggak ada yang sempurna," kata Luhut Binsar Pandjaitan kepada MNC Portal Indonesia.

BACA JUGA : Cerita Menko Luhut bagi Waktu Antara Tugas Negara dan Keluarga, Tak Lupa Main dengan Cucu

2. Mengatur pola makan

Selain membersihkan pikiran, Luhut juga mengatur pola makannya. Ia mengaku tak ada pantangan tertentu terkait menu makanannya, bahkan masih sering meminum kopi dalam beberapa kesempatan. Tetapi, Luhut tak pernah tak pernah makan malam lagi jika merasa sudah cukup banyak makan di siang hari. Ia pun tak pernah memberikan gula pada kopinya.

"Saya makan semua. Makanan apa yang ada saya sih senang aja makan. Karena, saya senang makan. Tapi, kalau siang saya banyak makan, malam saya nggak makan," ujar Luhut.

Melansir situs Times of India, kopi tanpa gula alias kopi hitam memang memiliki banyak manfaat. Di antaranya meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat, menurunkan risiko diabetes, mengurangi risiko kanker, hingga mencegah penyakit parkinson. Tetapi perlu dicatat, mengonsumsi kopi pun tidak boleh berlebihan, ya.

BACA JUGA : Kata Luhut soal Julukan 'Lord' yang Diberikan Netizen

3. Olahraga dengan treadmill

Meski disibukkan dengan jadwal aktivitas yang padat, Luhut selalu meluangkan waktu berolahraga untuk berjalan hingga berlari di atas treadmill. Ia akan berlari sekitar 25-45 menit sebelum menjalani tugas bersama Presiden RI Joko Widodo, sementara pada kesehariannya sendiri Luhut biasa menghabiskan waktu sekitar 40-45 menit untuk olahraga ini.

"Jadi, saya mau pergi sama Presiden aja setengah 7, saya masih sempatkan treadmill karena tidak bisa 45 menit ya 25 menit, atau berapa saya sempatkan itu," ucap Luhut.

"Saya treadmill sambil nonton tv. Kalau hari biasa saya biasa treadmill rata-rata 40 atau 45 menit lah. Setelah treadmill kemudian saya lakukan plank," tambahnya.

Manfaat berlari dengan treadmill sendiri memang sangat banyak. Olahraga ini bisa menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, menguatkan otot, mengurangi risiko cedera, hingga menyehatkan mental seseorang. Maka, tak heran jika di usianya yang sudah 74 tahun ini Luhut masih terlihat bugar dan segar.

3. Plank

Setelah berolahraga dengan treadmill, Luhut melanjutkan olahraganya dengan melakukan plank selama 60-70 detik. Di usianya yang akan menginjak 75 tahun, waktu tersebut tentu sudah cukup menantang. Dikatakan, olahraga ini dilakukan demi menghindari perut buncit.

"Plank saya itu 60 sampai 70 detik. Ya cukuplah untuk perutnya jangan terlalu gede. Hehehe. Yah untuk seumuran saya 75 tahun kan lumayan plank 60 sampai 70 detik," kata Luhut.

Gerakan plank sendiri sangat efektif untuk memperkuat otot yang berada di pusat tubuh, seperti otot panggul, punggung bawah, pinggang, dan perut. Selain itu, plank juga dapat meningkatkan kelenturan, memperbaiki postur tubuh, hingga mengurangi nyeri pada punggung. Maka, pantas saja jika tubuh Luhut terlihat begitu fit.

4. Pelatihan rutin

Selain berolahraga, Luhut juga mengikuti pelatihan secara rutin, mulai dari peregangan otot hingga angkat beban. Biasanya pelatihan ini dilakukan setiap Rabu, Sabtu, dan Minggu. Khusus untuk Sabtu dan Minggu, Luhut akan ditemani seorang pelatih agar olahraganya menjadi lebih total. Sesekali, Luhut pun meluangkan waktunya untuk berenang.

"Terus biasa hari Rabu, ada pelatih saya untuk stretching, ada untuk beban. Tapi, Sabtu dan Minggu selalu ada pelatihnya. Jadi, kalau Sabtu, Minggu itu saya olahraga total, mulai dari treadmill 1 jam sampai 75 menit, terus saya beban 20 menit, stretching mungkin sekitar 30 menit. Yah, kalau saya iseng saya ke kolam berenang. Jadi, semua itu menu saya," terang Luhut.

5. Rutinitas disiplin

Menko Luhut

Tips kesehatan dan kebugaran Luhut ini ditutup dengan melakukan rutinitas secara disiplin. Yap, Luhut mengimbau kepada masyarakat yang ingin tetap bugar di usia senja untuk mengatur pola makan, melakukan olahraga, serta mengelola waktu tidur untuk istirahat dengan baik secara disiplin.

Biasanya Luhut mengawali harinya pukul 05.30 pagi. Setelah bangun tidur, ia akan meminum air hangat yang sudah disiapkan sang istri dengan penuh cinta. Kemudian dilanjutkan dengan olahraga menggunakan treadmill. Luhut sendiri sudah melakukan aktivitas ini sejak usia 21 tahun. Dan hasilnya, bisa dilihat sekarang, tampak begitu bugar bukan?

"Kamu harus bisa ngatur makan kamu, tidurmu, istirahatmu, terus ya olahragamu. Dan, itu harus disiplin. Jadi, menurut saya, karena saya di Kopassus itu 21 tahun, saya sudah hidup dengan atur waktu sendiri. Dan, sampai hari ini kebiasaan-kebiasaan itu terbawa," tutur Luhut.

Melansir situs Healthline, minum air putih hangat di pagi hari rupanya memiliki banyak manfaat, diantaranya membantu sistem detoksifikasi tubuh, meringankan gejala akalasia, serta meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan metabolisme dalam tubuh. Meskipun begitu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa air minum pada suhu berapapun akan membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Jadi, jangan lupa minum air mineral, ya!

1
2