Share

Bagaimana Menurunkan Gula Darah dengan Cepat?

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 17:05 WIB
$detail['images_title']
Bagaimana cara menurunkan gula darah dengan cepat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bagaimana Menurunkan gula darah dengan Cepat? Setiap penderita diabetes pasti selalu bertanya-tanya. Karena mengidap hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi ini membuat tak tenang penderitanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, bagi Anda penderita diabates simak beberapa cara bagaimana menurunkan gula darah dengan cepat ya. Karena apabila diabetes tidak ditangani, maka fungsi pankreas akan terus menurun dan bisa menjurus kepada dehidrasi berat.

Bagi Anda yang kekurangan pasokan hormon insulin atau diabetes tipe 1, cara bagaimana menurunkan gula darah dengan cepat yakni dengan menyuntikan insulin. Insulin tersebut akan membantu hormon insulin yang berada di dalam tubuh kita.

Cara kerja insulin tambahan sama dengan hormon insulin, mereka akan menyerap gula darah ke dalam sel-sel tubuh kemudian diproses menjadi energi dan disimpan sebagai cadangan energi.

Sementara untuk Anda yang bukan pengidap diabetes tipe 1 atau tepatnya diabetes tipe 2, penyuntikan insulin ke tubuh belum diperlukan. Okezoners akan dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat serta rajin berolahraga.

Bagaimana menurunkan gula darah dengan cepat selanjutnya ada obat metformin. Nah baik penyuntikan dengan insulin atau obat metformin. Anda harus mengkonsultasikan kepada dokter ya.

Meminum air putih mampu mencegah dehidrasi berat saat hiperglikemia. Ketika kadar gula darah tinggi Anda akan lebih sering buang air kecil. Akibatnya cairan dalam tubuh juga mudah terbuang. Oleh sebab itu, teruslah Anda menjaga kadar air putih dalam darah.

Selain, perbanyak meminum air putih, Bagaimana menurunkan gula darah dengan cepat adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik. Bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi. Karena sel-sel tubuh dapat lebih peka terhadap insulin apabila fisik rutin digunakan berolahraga.

Olahraga juga merangsang agar jantung dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh tanpa terhambat. Saat memompa darah, glukosa digunakan dalam aliran darah untuk menghasilkan energi lebih banyak.

Para ahli menyarankan berolahraga lima kali dalam satu minggu sekira 30 menit setiap sesinya. Olahraga yang dapat Anda praktekan yakni jalan kaki, yoga maupun senam aerobik.

Akhirnya setelah membaca tulisan di atas, maka pertanyaan mengenai Bagaimana menurunkan gula darah dengan cepat dapat terjawab ya Okezoners.

(amj)