Share

Cegah Asam Urat Tinggi, Hindari Konsumsi Makanan-Makanan Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Hindari makanan-makanan penyebab asam urat (Foto: balytra)

ASAM urat tinggi tak bisa dianggap sepele. Karena, asam urat yang akut akan menimbulkan rasa nyeri, kemerahan dan bengkak pada kaki. 

Gejala utama asam urat tinggi yang terjadi karena penumpukan asam urat dalam darah ini, diketahui bisa menyerang secara tiba-tiba dan bahkan bisa membuat kita terbangun saat tidur di malam hari.

Mengantisipasi agar kita tak mengalami serangan asam urat, menjaga asupan makan tentunya jadi hal penting. Ada beberapa makanan yang harus dihindari sebagai langkah pencegahan sakit asam urat.

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Pasalnya, ada beberapa makanan tertentu yang secara alami tinggi akan purin, zat alami yang dipecah tubuh menjadi asam urat. Tak semua orang memiliki metabolisme tubuh yang baik, bisa dengan mudah membuang asam urat yang berlebih dalam darah.

BACA JUGA : Waspadai Gejala Asam Urat, Penyakit Youngky Soewarno Sebelum Meninggal

BACA JUGA : Banyak Makan Jeroan Sebabkan Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Seperti dikutip dari Healthline, Sabtu (12/2/2022) yang ditinjau secara medis dokter penyakit dalam, Dr. Alana Biggers M.D., MPH, makanan seperti daging merah, daging organ (jeroan), seafood, minuman beralkohol yang tinggi kandungan purin (zat alami yang ada pada manusia, hewan dan tumbuhan) adalah jenis makanan direkomendasikan dihindari untuk meminimalisasi risiko asam urat tinggi.

Selain itu, minuman manis dan makanan yang mengandung gula fruktosa juga disarankan memang sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan masalah kesehatan, walau tidak mengandung purin.

(hel)