Share

Waspadai Penyebab Asam Urat, Penyakit Youngky Soewarno Sebelum Meninggal

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 19:02 WIB
$detail['images_title']
Waspadai penyebab asam urat (Foto Ilustrasi: Medicaldaily)

INDUSTRI musik Indonesia kehilangan sosok musisi senior Youngky Soewarno. Youngky Soewarno meninggal dunia pada Kamis 10 Februari 2022 pukul 23:40 WIB.

Mendiang Youngky Soewarno disebutkan sempat sakiti asam urat sebelum tutup usia. Asam urat sendiri merupakan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh, asam urat umumnya sangat memengaruhi kondisi kesehatan kaki.

Youngky Soewarno

Kondisi asam urat yang menumpuk terlalu banyak di dalam darah ini, seperti dikutip Healthline, Jumat (11/2/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh dokter penyakit dalam, Dr. Alana Biggers M.D., MPH ditimbulkan karena terjadinya pemecahan purin (zat alami dalam sel mahluk hidup).

Faktor penyebab asam urat sendiri bukan hanya karena terjadi pecahnya purin, tapi bisa juga didorong kondisi tertentu. Misalnya orang tersebut mengalami gangguan darah dan metabolisme atau dehidrasi. Kondisi tertentu ini bisa membuat tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat loh!

BACA JUGA : Waspadai Gejala Asam Urat, Penyakit Youngky Soewarno Sebelum Meninggal

Didukung dengan masalah pada ginjal atau tiroid, atau bisa juga jika ada kelainan bawaan, bisa mempersulit tubuh untuk membuang kelebihan asam urat.

BACA JUGA : Punya Asam Urat? Coba Atasi dengan 4 Bahan Dapur Ini

Lalu kelompok orang apa saja sih yang rentan mengalami asam urat? Well, secara medis ada enam kategori orang yang disebutkan rentan mengalami asam urat.

Pertama yakni pria lanjut usia atau perempuan pasca menopause. Faktor genetik pun berpengaruh, karena Anda berpeluang bisa sakit asam urat jika punya orang tua, saudara kandung, atau anggota keluarga lain dengan asam urat.

Kategori berikutnya ialah peminum alkohol, pengonsumsi obat-obatan seperti diuretik dan siklosporin. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu contohnya punya tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, atau sleep apnea. Terakhir, untuk sebagian orang, asam urat juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tinggi purin penghasil asam urat.

(hel)