Share

8 Ciri-ciri Kista Ovarium Dan Gejalanya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 11:34 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Kista Ovarium. (Foto: Shutterstock)

ADA 8 ciri-ciri kista ovarium wajib anda waspadai. Masalah yang ada pada rahim ini umum menyerang wanita dan biasanya tidak ada gejala yang signifikan. Terdapat berbagai macam resiko apabila terkena penyakit ini. Maka dari itu, Okezone akan mebahasnya dalam artikel ini.

Melansir dari laman Ciputra Hospital, kista ovarium merupakan kondisi munculnya kantung yang berisi cairan pada indung telur (ovarium) wanita.

Secara umum, kista ovarium tidak berbahaya dan dapat hilang sendiri. Namun, apabila kantung berisi air memiliki ukuran yang semakin membesar atau pecah, maka akan berbahaya. Jika tidak diobati sejak dini akan menyebakan kanker.

Resiko yang ditimbulkan dari adanya kista ovarium pada indung telur wanita antara lain:

- Dapat mengalami kelainan hormon

- Menderita endometriosis atau sel-sel endometrium yang tumbuh di luar rahim

- Terkena infeksi pinggul.

Kista Ovarium

Lalu, bagaimana ciri-ciri dan gejalanya? Berikut Okezone jelaskan mengenai 8 ciri-ciri kista ovarium dan juga gejalanya.

Ketika kista ovarium masih berukuran kecil, biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Gejala yang muncul biasanya ketika kista sudah tumbuh membesar dan ini merupakan suatu kondisi yang serius. Berikut ciri-ciri dan gejalanya:

- Sakit saat berhubungan seksual

- Nyeri pada pinggul secara tiba-tiba

- Sering buang air kecil

- Siklus menstruasi yang tidak normal

- Perut terasa kembung

- Terasa nyeri pada perut bagian bawah atau pada sisi dimana kista tersebut muncul

- Terdapat pembengkakan pada area dimana kista ovarium muncul

- Mengalami demam

Demikian penjelasan dari Okezone mengenai 8 ciri-ciri kista ovarium dan gejalanya. Jika anda mengalami salah satu gejala dan ciri-ciri di atas, sebaiknya segera periksakan kondisi anda ke dokter kandungan.

(mrt)