Share

Waspadai Gejala Asam Urat, Penyakit Youngky Soewarno Sebelum Meninggal

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 16:48 WIB
$detail['images_title']
Youngky Soewarno meninggal dunia (Foto: @dewabudjana/Instagram)

DUNIA musik Tanah Air berduka. Youngky Soewarno, musisi senior Indonesia meninggal dunia Kamis (10/2/2022).

Kabar duka disampaikan gitaris, Dewa Budjana. Sang gitaris mengatakan, Youngky Soewarno menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 23.40 WIB semalam.

Youngky Soewarno

Musisi senior yang memiliki pengaruh besar pada karir diva-diva Indonesia, Vina Panduwinata, Krisdayanti hingga Rossa tersebut diketahui sakit asam urat.

Asam urat adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai kondisi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh. Kondisi menumpuknya asam urat ini biasanya memengaruhi kondisi kesehatan kaki.

Gejala asam urat sendiri dibagi dalam dua kategori, gejala asam urat akut dan gejala asam urat kronis. Gejala asam urat akut, gejala utamanya yakni ada nyeri, kemerahan dan bengkak pada kaki.

BACA JUGA : Kabar Duka, Musisi Youngky Soewarno Meninggal Dunia

Tiga gejala utama tersebut bisa terjadi saat orang yang mengidap penyakit ini tidur di malam hari, dan karena rasa sakitnya bahkan bisa membangunkan dari tidur.

BACA JUGA : Youngky Soewarno Meninggal Dunia, Krisdayanti: Beliau yang Menemukan Saya

Selain itu, rasa nyeri yang timbul bahkan bisa membuat sentuhan ringan pada sendi saja bisa terasa sangat menyiksa, membuat sulit untuk bergerak atau membungkuk. Memang, gejala-gejala ini biasanya terjadi hanya pada satu titik sendi pada satu waktu, seringnya muncul di bagian jempol kaki, walau bisa juga menyerang titik persendian lain.

Patut diwaspadai, gejala asam urat sifatnya menyerang secara tiba-tiba dan bisa bertahan dalam durasi panjang, paling parah selama 12 hingga 24 jam bahkan disebutkan bisa juga berlangsung sampai 10 hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara untuk gejala asam urat kronis, bersamaan dengan nyeri sendi, peradangan, kemerahan, dan pembengkakan, asam urat kronis bisa juga mengurangi mobilitas sendi. Saat asam urat membaik, kulit di sekitar sendi yang terkena bisa gatal dan mengelupas.

Biasanya, serangan asam urat pertama terjadi pada persendian jempol kaki, kemudian tiba-tiba jari kaki tampak bengkak dan hangat saat disentuh.

Selain jempol kaki, asam urat kronis juga bisa melebar menyerang berbagai titik sendi lain. Mulai dari pergelangan kaki, lutut, jari, siku, pergelangan tangan, tumit hingga punggung kaki. Demikian sebagaimana diwarta Healthline, Jumat (11/2/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh spesialis penyakit dalam dr. Graham Rogers, M.D.

1
2