Share

Apakah Asam Lambung Naik GERD Bisa Ancam Nyawa? Begini Kata Dokter

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 15:30 WIB
$detail['images_title']
Sakit asam lambung naik atau GERD (Foto Ilustrasi: Timesofindia)

MERASAKAN asam lambung naik bisa terjadi saat seseorang mengalami stres atau berada dalam tekanan, seperti bekerja. Sakit asam lambung naik yang umumnya diketahui orang hanya maag, tetapi ternyata bisa juga karena terkena GERD.

Ketika asam lambung naik hingga kerongkongan yang memicu rasa pahit dimulut itulah GERD. Namun banyak yang bertanya apakah GERD itu memicu kematian?, hal itu yang akan dijelaskan oleh ahli kesehatan.

Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP mengatakan bahwa GERD atau sakit asam lambung tidak mengakibatkan kematian. Sebab kematian yang diakibatkan karena GERD, jika asam lambung sudah memicu sakit, seperti paru-paru yang menyebabkan seseorang batuk-batuk, sinus yang mengganggu saluran pernapasan, juga telinga yang menyebabkan berdengung hingga kanker.

GERD

"Bahwa ketika asam lambung naik itu tidak langsung meninggal. GERD tidak seperti itu, asam lambung naik apa pun dalam waktu singkat tidak mengakibatkan kematian, kecuali komplikasi kronis lah yang berujung fatal, seperti kanker," jelas dr Ari dalam acara virtual media briefing bersama wellesta cpi pada Kamis (10/2/2022).

BACA JUGA : Hindari 3 Minuman Ini saat Asam Lambung Naik, Jangan Anggap Remeh!

BACA JUGA : 5 Makanan yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Di sisi lain, ternyata asam lambung memiliki manfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat. Dari yang dapat menyeimbangkan asam lambung hingga memproses makanan manusia dalam pencernaan.

"Asam lambung itu sejatinya kita butuhkan, sebetulnya menjaga balance asam lambung kita dengan dinding lambung. Jadi pH lambung itu 1-2 yang dibutuhkan, asam lambung berfungsi sebagai skrining kuman-kuman dia akan membunuh kuman yang masuk, kedua asam lambung membantu mencernakan makanan kita," ujar Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP

Ketika ada seseorang mengalami GERD tentu tidak membutuhkan pengobatan yang lama atau seumur hidup. Namun tentu sakit GERD itu bisa sembuh tapi juga bisa kambuh kembali.

Hal tersebut karena dipicu gejala yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kafein, alkohol,dll. "faktor risiko GERD itu obesitas, merokok, alkohol, kopi, stress dan tidur terlentang. Cegah gejalanya dengan rubah gaya hidup sehat," ucapnya

(hel)