Share

Mau Hamil Bayi Perempuan? Coba Konsumsi Deretan Makanan Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Konsumsii makanan tertentu perbesar peluang hamil bayi perempuan (Foto: Boldsky)

SEPERTI halnya pasangan suami-istri (pasutri) yang ingin memiliki anak laki-laki, ada juga berharap punya bayi perempuan. Ada beberapa makanan tertentu yang diyakini bisa membantu sang calon ibu untuk bisa hamil bayi perempuan.

Dalam hal jenis kelamin, kromosom menentukan jenis kelamin biologis seseorang. Wanita memiliki dua kromosom X dan pria memiliki satu kromosom X dan satu Y. Selama pembuahan, sperma akan menyumbangkan kromosom X atau Y.

Ketika sperma melewati kromosom X (sperma perempuan), maka si calon ibu mengandung seorang perempuan dan saat sperma melewati kromosom Y (sperma laki-laki) maka sang calon ibu mengandung anak laki-laki.

Ibu Hamil

Selama ini, para ilmuwan telah mencoba untuk menentukan apakah ada hubungan antara diet yang dilakukan sang ibu dan seleksi jenis kelamin alami. Penelitian yang selama ini, dilakukan pada hewan mamalia seperti sapi dan tikus. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan sebelum mendapat kesimpulan valid, apakah memang ada hubungan antara diet ibu dan kehamilan jenis kelamin tertentu.

BACA JUGA : 8 Bawaan Hamil Bayi Perempuan, Lengkap dengan Mitos dan Faktanya!

Seperti mengutip Healthline, Rabu (9/2/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli diet tersertifikasi, Jillian Kubala, MS, RD, berdasarkan studi pada 2010, wanita yang menjalani diet ketat tinggi magnesium dan kalsium (bersamaan dengan waktu hubungan intim) memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak perempuan.

BACA JUGA : 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Bermakna Cahaya

Sementara, dari studi dari tahun 2008 yang mengamati pola makan 740 wanita. Ditemukan hasil, bahwa ibu yang mengonsumsi kalori lebih tinggi cenderung memiliki anak laki-laki.

Para peneliti percaya bahwa ada kemungkinan hubungan antara kadar glukosa yang lebih tinggi dalam darah, yang menguntungkan sperma pria. Well, meski penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan, disebutkan tidak ada salahnya untuk meningkatkan asupan makanan kaya kalsium dan magnesium jika Anda berniat ingin hamil anak perempuan.

Sejatinya, menjaga kadar gula darah agar tetap teratur itu penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Bukan hanya karena ingin hamil anak perempuan, maka dari itu memastikan kadar gula darah yang sehat dengan menghindari makanan tinggi gula tambahan dan konsumsi banyak serat, protein, dan lemak sehat.

Lalu apa saja makanan yang dianggap meningkatkan peluang untuk bisa hamil anak perempuan? Ternyata jenisnya begitu beragam, mulai dari makanan laut, terutama sarden dan salmon kaleng, kacang polong, kacang almond, sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, produk susu seperti susu, keju, dan yogurt, bayam, buah ara, edamame dan tahu, buah-buahan beri, okra, buah sitrus, gandum dan oat bran, telur, apel, biji-bijian (labu, rami, dan chia), kacang mete, selai kacang, dan makanan kaya kalsium dan magnesium.

Senada dengan di atas, mengutip Babyology, disebutkan dalam studi yang dipublikasikan dalam Reproductive BioMedicine Online Journal bahwa wanita yang menjaga diet ketat tinggi kalsium dan magnesium dan rendah sodium dan potasium sangat meningkatkan peluang mereka untuk hamil anak perempuan.

Contoh makanan yang girl friendly, misalnya keju, susu, mentega, dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan seperti pisang dan kentang sebaiknya dihindari karena dianggap lebih 'boy friendly'.

1
2