Share

Jangan Asal Minum Obat Batuk untuk Redakan Gejala Omicron, Ini Sebabnya!

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Jangan sembarang minum obat batuk untuk redakan gejala Omicron (Foto: Timesofindia)

GEJALA Omicron bersifat ringan yang biasa dialami orang adalah batuk. Ketika batuk karena terinfeksi Omicron, bisakah coba diobati dengan minum obat warung?

Menurut Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr Muhamad Fajri Adda'i, boleh mengonsumsi obat warung yang mampu meredakan gejala ringan Omicron.

Obat Batuk

Khusus batuk, dr Fajri mengingatkan untuk memperhatikan jenis obatnya. Sebab ada dua macam obat batuk, yaitu batuk berdahak (ekspektoran) dan kering (antitusif) dengan tidak mencampurnya.

"Jika beli obat yang untuk menekan refleks batuk, sebaiknnya jangan dicampur dengan yang pengencer dahak. karena apa? karena kalau dahaknya encer kan seharusnya dahak dikeluarkan. Jadi dahak akan menumpuk," jelas kepada Okezone lewat sambungan telfon, Senin 7 Februari 2022.

BACA JUGA : Obat Warung Ampuh Atasi Gejala Omicron? Ini Kata Dokter

BACA JUGA : Sakit Batuk? Obati dengan Bahan Rumahan Ini Saja

Namun, dr Fajri mengingatkan tidak semua obat-obatan di warung atau apotek bisa dibeli dengan bebas tanpa resep dokter. Umumnya yang bebas dijual yaitu obat batuk/pilek/flu. seperti Paratusin atau Ambroxol sampai vitamin C dan D.

"Jadi kalau obat demam atau obat batuk itu boleh. Kemudian vitamin c atau D juga boleh, yang nggak boleh itu antibiotik, antivirus dan anti radang jangan membeli sembarangan," imbuhnya.

(hel)