Share

Obat Warung Ampuh Atasi Gejala Omicron? Ini Kata Dokter

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 17:30 WIB
$detail['images_title']
Terinfeksi Omicron dengan gejala ringan (Foto: Timesofindia)

KETIKA terinfeksi Omicron dengan gejala ringan, seseorang akan mengalami demam, batuk, pilek atau flu. Jika kondisinya demikian, apakah obat warung mampu dan boleh untuk mengatasi gejala omicron tersebut?.

Menurut Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr Muhamad Fajri Adda'i, boleh mengonsumsi obat warung yang mampu meredakan gejala ringan Omicron. Lantas, obat apa saja yang disarankan?

Gejala Omicron

Dalam penjelasannya, dia mengingatkan membeli obat-obatan di warung atau Apotek tidak semuanya dapat dibeli dengan bebas atau tanpa resep dokter. Umumnya yang bebas dijual yaitu obat batuk/pilek/flu, seperti Paratusin atau Ambroxol sampai vitamin C dan D.

BACA JUGA : Rasakan Gejala Omicron? Ini 6 Makanan yang Dianjurkan Dokter untuk Dikonsumsi

Namun obat antivirus, antibiotik dan obat radang itu bukan obat sembarangan yang dapat dibeli secara bebas.

"Jadi kalau obat demam atau obat batuk itu boleh. Kemudian vitamin c atau D juga boleh, yang nggak boleh itu antibiotik, antivirus dan anti radang jangan membeli sembarangan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (7/2/2022)

BACA JUGA : Alami Batuk dan Pilek, Perlukah Langsung Swab Antigen?

Lebih lanjut, khusus batuk, dr Fajri mengingatkan untuk memperhatikan jenis obatnya. Sebab ada dua macam obat batuk, yaitu batuk berdahak (ekspektoran) dan kering (antitusif) dengan tidak mencampurnya.

"Jika beli obat yang untuk menekan refleks batuk, sebaiknnya jangan dicampur dengan yang pengencer dahak. karena apa? karena kalau dahaknya encer kan seharusnya dahak dikeluarkan. Jadi dahak akan menumpuk," jelasnya

Di sisi lain, dr Fajri mengingatkan bila obat antivirus untuk pasien Covid-19 maupun omicron sudah diketahui. Obat-obatnya sudah disesuaikan dengan aturan yang ada yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan yaitu Avigan (Favipiravir).

"Sedangkan untuk obat antivirusnya sesuai dengan pedoman atau yang disaranin oleh kemenkes ya. Tapi itu harus pakai resep dokter, saya sarankan ya Molnupiravir atau Avigan (Favipiravir)," imbuhnya.

(hel)