Share

Pentingnya Telemedicine untuk Deteksi Dini hingga Pengobatan Kanker saat Pandemi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 18:16 WIB
$detail['images_title']
Telemedicine bantu permudah layanan akses kesembuhan kanker. (Foto: Medicalnewstoday)

PERAN ONE Onco dalam mengedukasi masyarakat tentang penyakit kanker kian diperkenalkan ke publik. Bagaimana fungsinya?

Project Senior Manager ONE Onco, Yoppy Hadi Soeyanto mengatakan, berbagai literasi tentang kanker mulai dari edukasi deteksi dini hingga akses pengobatan telemedicine di era pandemi ini diperkenalkan ke publik. Salah satunya lewat berbagai platform aplikasi kesehatan di Indonesia, contohnya KlikDokter.

“Kami melakukan peningkatan literasi akan kanker, bagaimana meningkatkan kesadaran untuk deteksi dini, memberikan kemudahan akses untuk pengobatan kanker khususnya di era pandemi ini,” ujar Yoppy dalam live Instagram Kalbe Farma.

 BACA JUGA:Cegah Kanker Serviks, Anak Perempuan Kelas 5 dan 6 Bakal Dapat Vaksin HPV

Yoppy mengatakan, selama pandemi pihaknya banyak melakukan edukasi melalui webinar. Seperti membahas mengenai penyakit kanker dengan kasus terbesar, yakni kanker payudara, kanker serviks, kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, hingga kanker darah.

 Kanker

Tak hanya para penyintas kanker, namun caregiver hingga masyarakat luas juga turut menjadi peserta kegiatan. Hal itu dilakukan demi menyebarkan pengetahuan tentang kanker yang perlu dipahami berbagai kalangan masyarakat.

“Kanker itu istilahnya tidak bisa dicegah, tapi bisa dideteksi lebih dini. Dengan pengetahuan yang meningkat maka tingkat deteksi dininya juga meningkat,” jelas Yoppy.

Terkait telemedicine, kata Yoppy, masyarakat telah menyadari bahwa selama pandemi ini dipermudah untuk mengakses layanan. Karena pihaknya juga berkolaborasi dengan fasilitas kesehatan.

“Misalnya untuk masyarakat sudah aware untuk pap smear maupun USG payudara, namun khawatir untuk ke rumah sakit karena pandemi. Ekosistem kami memungkinkan untuk bisa memesan layanan skrining tersebut, tentu lebih mudah karena dengan website saja sudah terhubung dengan fasilitas kesehatannya, sudah bisa melakukan booking, bahkan bisa langsung pembayaran,” tuturnya.

“Satu langkah terakhir untuk proses itu memang harus datang ke rumah sakit. Tentunya itu telah menghemat waktu untuk tidak harus bolak-balik ke rumah sakit,” lanjut dia.

1
2