Share

Siti Badriah Positif Covid-19 Omicron, Apa Risikonya terhadap Kehamilan?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 15:00 WIB
$detail['images_title']
Siti Badriah positif Covid-19 Omicron (Foto: Instagram/@sitibadriahh)

KABAR kurang baik datang dari Siti Badriah. Pedangdut cantik tersebut positif Covid-19 varian Omicron di usia kehamilan 7 bulan.

Kabar tersebut disampaikan Siti Badriah melalui akun Instagramnya. Dalam unggahannya, Siti Badriah memperlihatkan hasil tes PCR dan menunjukkan dirinya terpapar Covid-19 varian omicron.

Siti Badriah Positif Covid-19 Omicron

"Hehe awal bulan kenalan sama si omicron. Baik-baik ya omicron sama mommy fruity," tulis istri dari Krisjiana Baharudin tersebut pada akun Instagramnya.

Lantas apa dampak seorang ibu hamil terpapar Omicron?

BACA JUGA : Siti Badriah Positif Covid-19, Ini Gejala Omicron pada Ibu Hamil

Obstetri dan Ginekologi Northwestern Medicine di Chicago, Melissa Simon, M.D. mengatakan, perempuan hamil merupakan kelompok berisiko tinggi terpapar Covid-19, termasuk Omicron. Meski Omicron dikatakan hanya bergejala ringan, Dokter Simon mengingatkan untuk tetap waspada.

"Masih ada penyakit serius dan kematian yang terjadi karena Omicron, terutama kelompok orang yang lebih rentan, termasuk ibu hamil," ujar Dokter Simon yang dikutip dari Whattoexpect, Jumat (4/2/2022).

BACA JUGA : Sedih Banget! Siti Badriah Positif Omicron saat Hamil 7 Bulan

Dampak Omicron terhadap Kehamilan

Apakah varian Omicron bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk pada ibu hamil? Dokter kandungan di Ohio State University Wexner Medical Center, Michael Cackovic, M.D mengatakan selalu ada kemungkinan karena beberapa alasan terkait hal tersebut.

"Karena perempuan hamil memiliki aspek imunosupresi yang memungkinkan mereka melahirkan bayi yang secara genetik setengah berbeda dari diri mereka sendiri. Penyakit apapun memiliki efek yang berpotensi lebih berbahaya pada perempuan hamil," jelas Dokter Cackovic.

"Kehamilan juga memiliki risiko kelahiran prematur, dan kami melihat tingkat yang sangat tinggi dengan Covid-19 secara umum," lanjutnya.

Apakah ini juga akan terjadi dengan varian Omicron? Dokter Cackovic mengaku masih sulit untuk mengatakan kepastiannya.

"Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini," tambahnya.

Meski begitu, Dokter Simon kembali mengingatkan agar perempuan hamil dan orang di sekelilingnya, terutama keluarga, untuk lebih waspada. Menurutnya, perempuan hamil lebih besar risiko untuk dirawat di rumah sakit ketika terinfeksi Covid-19 atau Omicron.

"Terlepas dari variannya, perempuan hamil dengan gejala Covid-19 memiliki risiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit dan dipindahkan ke unit perawatan intensif dibanding orang biasa," pungkas Dokter Simon.

1
2