Share

Cara Mengobati Eksim Basah dan Tips agar Tidak Terjadi Infeksi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Ketahui cara mengobati eksim basah (Foto: Healthline)

CARA mengobati eksim basah penting untuk diketahui jika Anda mempunyai penyakit ini. Karena, pengobatan yang tepat dapat mengurangi risiko infeksi. 

Mengalami eksim basah berarti Anda menderita eksim dengan lepuh berisi nanah. Luka ini menghasilkan cairan atau basah. Nanah biasanya berwarna kuning atau bening dan akhirnya mengering sebagai lapisan berkerak pada kulit Anda.

Cara Mengobati Eksim Basah

(Cara Mengobati Eksim Basah, Foto: Healthline)

Penyebab eksim basah

Eksim sering disebabkan oleh infeksi. Kulit Anda dapat terinfeksi jika Anda menggaruknya terlalu banyak atau jika menjadi pecah-pecah. Hal ini memungkinkan bakteri, virus, atau jamur masuk ke area yang terpapar. Infeksi dapat memperburuk gejala eksim dan membuat kondisi Anda lebih sulit diobati.

Tanda-tanda infeksi mungkin termasuk:

- lecet atau nanah pada kulit

- kulit yang mengeluarkan cairan kuning, emas, atau bening

- kerak kering pada kulit

- gatal, nyeri, atau kemerahan pada kulit

- demam atau gejala seperti flu

- bintik-bintik merah kecil di sekitar rambut tubuh

- pembengkakan kelenjar di daerah leher, ketiak, atau selangkangan

BACA JUGA : Ini Bedanya Eksim Atopik dengan Psoriasis, Jangan Salah Penanganan Ya

BACA JUGA : Begini Rangkaian Perawatan yang Cocok untuk Kulit Penderita Eksim

Bakteri umum, yang dikenal sebagai staphylococcus atau staph, adalah penyebab sebagian besar infeksi pada orang dengan eksim. Staph dapat dengan mudah menemukan jalannya ke kulit yang rusak. Lebih dari 90 persen orang dengan eksim sedang hingga berat memiliki staph di kulit mereka.

Virus, yang disebut herpes simpleks juga bisa masuk ke kulit. Ini dapat menyebabkan infeksi serius yang dikenal sebagai eksim hereticum. Selain eksim basah, eksim hereticum bisa menyebabkan lepuh gatal dan demam. Selain melepuh, juga menyebabkan bercak merah, gatal, bersisik, atau menonjol pada kulit dengan cincin merah di tepi luar.

Perawatan untuk eksim basah

Cara Mengobati Eksim Basah

(Cara Mengobati Eksim Basah, Foto: Healthline)

Infeksi bakteri biasanya diobati dengan antibiotik. Antibiotik dapat diberikan sebagai krim, salep, tablet, atau sirup. Kadang-kadang, antibiotik diberikan bersama dengan steroid topikal.

Infeksi virus biasanya diobati dengan tablet antivirus. Jika infeksi virus Anda parah, Anda mungkin perlu menerima obat-obatan ini secara intravena di rumah sakit. Sedangkan infeksi jamur dibantu dengan krim atau salep antijamur. Ini biasanya dikombinasikan dengan steroid topikal.

Penting bagi Anda untuk terus mengonsumsi obat-obatan oral atau topikal yang biasa Anda gunakan untuk eksim kecuali jika dokter Anda memberitahu Anda untuk menghentikan pengobatan.

Pengobatan rumahan untuk eksim basah

Metode tertentu, seperti menggunakan perban untuk membungkus kulit dan menjaganya agar tetap lembap dan terlindungi, tidak boleh digunakan jika Anda memiliki infeksi kecuali dokter Anda memberitahu Anda sebaliknya.

Beberapa orang melaporkan peningkatan gejala dengan pendekatan lain, seperti:

- Emolien antiseptik. Dokter Anda mungkin merekomendasikan produk ini untuk membantu menghidrasi kulit Anda dan melindunginya dari bakteri.

- Latihan manajemen stres. Studi menunjukkan bahwa stres mungkin terkait dengan memburuknya gejala eksim. Teknik tertentu untuk menurunkan stres, seperti olahraga, meditasi, atau yoga, dapat membantu kondisi Anda.

- Biofeedback atau modifikasi perilaku. Metode ini terkadang digunakan untuk membantu Anda berhenti menggaruk kulit.

- Diet. Beberapa orang melaporkan peningkatan ketika mereka memodifikasi diet mereka. Menghindari makanan pemicu dapat membantu. Penelitian saat ini sedang dilakukan tentang penggunaan probiotik untuk pengobatan dan pencegahan eksim, tetapi beberapa penelitian tidak menemukan manfaat.

Tips untuk mencegah infeksi

Menjaga gejala eksim terkendali dapat membantu menurunkan peluang Anda terkena infeksi. Anda dapat membantu mencegah eksim basah dengan melakukan hal berikut:

Hindari menggaruk

Tidak peduli seberapa gatal kulit Anda, cobalah untuk tidak menggaruknya. Menggaruk membawa risiko besar untuk infeksi. Jaga agar kuku tetap pendek, dan jika gatalnya mengganggu, coba gunakan kompres dingin.

Gunakan pelembap udara

Udara dalam ruangan yang kering dapat memicu gatal dan pengelupasan kulit. Humidifier menambah kelembapan udara di rumah Anda dan melindungi kulit Anda dari kekeringan.

Melembapkan kulit

Kulit pecah-pecah dan area terbuka di kulit dapat memudahkan masuknya bakteri. Sangat penting untuk melembabkan kulit Anda setidaknya dua kali sehari. Waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap adalah saat kulit Anda masih lembap setelah selesai mandi.

Mandi

Sering mandi dapat mengurangi bakteri dan menghilangkan kulit mati. Gunakan air hangat (bukan air panas) saat mandi. Alih-alih menggosok, tepuk kulit Anda hingga kering. Hindari sabun yang keras. Jauhi sabun yang dibuat dengan parfum atau pewarna yang keras. Jika Anda menggunakan produk ini, bilas sepenuhnya dari tubuh Anda saat mandi.

Pakailah pakaian yang pantas

Pilih pakaian yang sejuk, halus, dan berbahan katun. Ini akan menurunkan kemungkinan Anda mengalami iritasi kulit.

1
3