Share

Makanan Bergizi Seimbang Bantu Atlet Capai Performa Tubuh yang Maksimal

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 13:33 WIB
$detail['images_title']
I Gede Siman Sudartawa. (Foto: INASGOC)

SEA Games ke-31 akan digelar pada Mei 2022 di Vietnam. Pemenuhan gizi para atlet selama bertanding nanti pun perlu diperhatikan.

SEA Games yang diadakan setiap dua tahun sekali ini dapat membantu menjalin kerjasama regional yang kuat, juga meningkatkan pemahaman dan persatuan antar negara-negara di Asia Tenggara. SEA Games adalah acara olahraga terbesar di Asia Tenggara, yang dapat menarik perhatian lebih dari 600 juta orang di wilayah tersebut.

Salah satu program Winning Meals Kachimeshi Ajinomoto akan diusung dalam ajang ini. Program berbasis gizi ini dilakukan untuk meningkatkan performa atlet, seperti atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa.

Sport Nutritionist Emilia Achmadi menjelaskan, asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang tubuh seseorang yang gemar berolahraga. Termasuk juga para atlet, nutrisinya wajib diperhatikan.

i gede siman

BACA JUGA:Salah Satu Penyebab Masalah Gizi, Masyarakat Lebih Senang Makanan Instan 

“Olahraga untuk pembentukan dan kekuatan otot, maka fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein," ujar Emilia.

Untuk daya tahan tubuh, kata Emilia, juga dibutuhkan pada asupan protein dan mikronutrisi, seperti vitamin C dan seng. Namun, semua komponen nutrisi penting untuk physical development dan peak performance pencinta olahraga.

"Bila atlet didukung dengan makanan yang lezat dan bergizi seimbang, maka bisa mencapai performa tubuh yang maksimal," tambah dia.

Maka itu, setiap atlet akan dibantu dalam pemenuhan kebutuhan gizinya melalui perencanaan menu bergizi, pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan sehari-hari dan tes antropometrik berkala untuk mengetahui komposisi atau struktur tubuh atlet.

Semua kegiatan tersebut dilakukan mulai dari latihan hingga kompetisi, guna mencapai tingkat kebugaran yang maksimal.

Pada SEA Games sebelumnya di Filipina, setelah melakukan program perencanaan makan ini, I Gede Siman Sudartawa berhasil mencatat rekor manis dan berhasil mendapatkan medali emas pada kategori gaya punggung 50 meter putra dengan catatan waktu 25,12 detik, medali perak pada kategori estafet putra, dan medali perunggu untuk kategori gaya punggung 100 meter putra.

1
2