Share

Pemain Tenis Australia Open Pingsan saat Pertandingan Akibat Efek Vaksinasi Covid-19, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 11:24 WIB
$detail['images_title']
Vaksinasi Covid-19 (Foto: Unsplash)

BARU-BARU ini beredar video di media sosial yang merekam seorang pemain tenis asal Slovenia, Dalila Jakupovic pingsan saat pertandingan Tenis di Asutralia Open. Insiden tersebut lantas dihubungkan dengan efek samping akibat dari vaksinasi Covid-19.

Tentunya informasi tersebut membuat masyarakat menjadi khawatir dan ragu untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Terlebih saat ini pemerintah tengah memulai program vaksinasi booster atau dosis ketiga untuk melindungi masyarakat Indonesia dari varian Omicron yang sedang menyerang.

 Vaksinasi Covid-19

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Senin (31/01/2022), memastikan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah salah atau hoax.

Dilansir dari Agence France-Presse (AFP), video tersebut merupakan kejadian pada Januari 2020. Kondisinya sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi. Kala itu vaksinasi Covid-19 juga belum dimulai.

 BACA JUGA:Dinkes Deliserdang: Pelajar Meninggal Bukan karena Divaksin Covid-19 tapi Tetanus

Alhasil, dapat disimpulkan bahwa insiden pingsannya Dalila Jakupovic tidak berkaitan dengan efek vaksin Covid-19. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya terhadap informasi yang beredar. Cek lagi informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

(DRM)