Share

Gemasnya Nadine Chandrawinata Coba Dansa saat Hamil Besar, Ternyata Ini 5 Manfaatnya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 13:10 WIB
$detail['images_title']
Nadine Chandrawinata rajin menari dan dansa saat hamil besar (Foto : @nadinelis/Instagram)

NADINE Chandrawinata mencuri perhatian lewat unggahan videonya di Instagram. Sedang hamil besar, istri Dimas Anggara tersebut asyik seperti sedang mencoba berdansa atau menari.

"💃 Trust me, i can dance!," ujar Nadine Chandrawinata.

Dikutip dari Fabwoman, pada umumnya menari atau dansa baik dan aman dilakukan ibu hamil. Namun, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait batasan agar tetap aman dan nyaman.

Biasanya dokter akan menyarankan gerakan yang tidak terlalu berat. Selain itu, gerakan dengan banyak lompatan biasanya disarankan untuk dihindari. Lalu, apa manfaatnya?

Berikut manfaat menari dan dansa bagi ibu hamiil yang dilansir dari Fabwoman, Jumat (28/1/2022).

1. Kurangi risiko komplikasi

Nadine Chandrawinata

Pada sebuah studi tahun 2012, perempuan hamil yang mengikuti program fitnes 4 kali seminggu termasuk menari atau dansa, berisiko rendah mengembangkan diabetes gestasional. Selain itu, mereka juga lebih rendah kemungkinannya menjalani persalinan caesar dibanding mereka yang tidak olahraga.

Baca JugaNadine Chandrawinata Dansa saat Hamil Besar, Netizen: Ih Ngilu

2. Risiko komplikasi persalinan lebih rendah

Dalam penelitian lain, wanita yang mengikuti kelas menari atau dansa tiga kali seminggu mengalami penurunan berat badan selama kehamilan. Mereka juga cenderung tidak memiliki bayi makrosomia (bayi dengan berat lebih dari sekira 4 kg. Kondisi makrosomia dapat menyebabkan komplikasi bagi ibu dan bayi saat persalinan.

Baca Juga :  Intip Maternity Shoot Nadine Chandrawinata Bareng Dimas Anggara, Intim dan Romantis!

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah terkadang naik selama kehamilan, dan bahayanya bisa menjadi tanda peringatan dini preeklamsia. Tetap aktif seperti menari dan dansa dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Dalam satu penelitian, rutin menari terbukti menjaga tekanan darah tidak meningkat, let's dance moms!

4. Meringankan sakit punggung

Bukan rahasia lagi, bayi dalam kandungan memberi tekanan ekstra pada bagian punggung bawah dan panggul. Di sini, menari atau dansa dapat mengurangi nyeri punggung bawah dan panggul selama kehamilan.

5. Mempercepat pemulihan pasca persalinan

Semakin meningkatkan kebugaran, kian cepat pulah fisik pulih setelah melahirkan. Dalam sebuah studi tahun 2012 yang sama, ibu hamil yang menari pulih lebih cepat setelah melahirkan. Bahkan, sudah bisa melanjutkan pekerjaan rumah tangga lebih cepat daripada mereka yang tidak olahraga.

1
2